Tidak hanya Pria dan Wanita, Ada 5 Gender Di Suku Bugis, Apa Sajakah Itu??


gender-di-suku-bugisSerumpi.com – Selama ini mungkin Kita hanya mengenal dua jenis gender, yaitu lelaki dan wanita. Jika memang ada gender yang ketiga, mungkin banci atau waria akan menjadi kandidatnya. Namun, ada yang berbeda di Suku Bugis, Sulawesi Selatan. Di Suku ini, tak hanya ada dua jenis gender, tapi 5 gender sekaligus.


Melansir dari Bintang.com, adanya 5 jenis gender ini diungkap oleh dosen senior di Auckland University of Technology, Sharyn Graham. Dosen senior asal Selandia Baru ini melakukan penelitian mengenai gender di Sulawesi Selatan pada tahun 1998 silam.

Hasil penelitian mengenai hal unik ini dimuat dalam Good News From Indonesia. Sharyn juga menulis hasil penelitiannya dalam buku berjudul Five Gender Among Bugis in Indonesia yang terbit tahun 2007 lalu.

Dalam bukunya, Sharyn menjelaskan bahwa Suku Bugis mengakui tiga jenis status biologis manusia, yaitu perempuan, laki-laki dan hermafrodit. Sedangkan gender yang diakui di suku ini ada 5, yaitu perempuan, laki-laki, calabai, calalai dan bissu.

Bagi Suku Bugis, status biologis lebih merujuk pada jenis kelamin yang dimiliki. Sedangkan gender lebih menyangkut masalah sifat seseorang. Misalnya, laki-laki yang cenderung maskulin dan perempuan yang cenderung feminin. Lalu, apa yang dimaksud calabai, calalai dan bissu?

Bissu

bissuSeorang Bissu bagi Suku Bugis adalah manusia yang mampu menghubungkan dengan Dewa. Bissu adalah sosok sempurna yang memiliki dua paduan gender. Jika terlahir sebagai laki-laki, Bissu akan memiliki kepribadian perempuan. Begitu juga sebaliknya.

Calalai

calalaiCalalai merupakan seseorang yang memiliki fisik wanita namun berperan sebagai pria. Ia akan melakukan pekerjaan  pria dan bahkan terkadang memiliki istri dan juga anak hasil adopsi. Uniknya, seorang Calalai tidak pernah berharap menjadi pria. Ia juga tidak diperlakukan layaknya pria.

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya
Previous articleBerperan Dalam Film Filosofi Kopi, Luna Melihat Tarra Seperti Melihat Dirinya Sendiri
Next articleTerlanjur Sakit Hati, Bilqis Tak Dikenalkan Ayu Ting Ting Dengan Enji Sejak Dini

Komentar

komentar

Terpopuler: