Sering Gunakan Botol untuk Isi Ulang Air? Perhatikan Kode Plastik Ini Agar Tak Mengancam Kesehatanmu


via idntimes.com

Serumpi.com – Air mineral yang dikemas dalam botol plastik kemasan sepertinya sudah menjadi barang wajib yang dibawa oleh para traveler. Ya, keberadaan minuman yang satu ini hampir selalu ada dan menjadi barang yang dibutuhkan sepanjang perjalanan.


Namun, terkadang banyak juga dari kita yang kemudian memutuskan untuk mengisi ulang botol kemasan tersebut ketika isinya sudah semakin berkurang atau bahkan habis. Nah, cara yang satu ini ternyata tidak dianjurkan dan cukup berbahaya bagi kesehatan lho!

Seperti dilansir dari idntimes.com, untuk mengisi ulang kembali botol kemasan yang sudah bekas memang bisa menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Hal ini dikaitkan dengan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan botol plastik tersebut.

Botol kemasan yang berisi air mineral sudah pasti dibuat dari bahan kimia yang tentu bisa menimbulkan bahaya tidak terduga dalam organ tubuh kita. Mengantisipasi hal tersebut, beberapa kode dalam botol bisa disimak lebih lanjut agar kita mengetahui bahan baku dari botol plastik itu.

Ada baiknya jika kamu memperhatikan kembali ya, kode yang tertera disana agar bisa terhindar dari risiko yang mengancam kesehatan nih! Simak yuk!

  • Botol dengan kode  1 PET atau PETE diartikan sebagai penggunaan sekali pakai. Artinya, botol tersebut hanya bisa digunakan sekali saja saat pengemasan air mineral. Terutama jika botol sudah terpapar sinar matahari selama penyimpanan sebelumnya. Bahaya yang terdapat dari botol ini jika digunakan adalah munculnya zat kimia beracun dan bisa tercampur dengan air atau minuman yang kamu isi ulang didalamnya.
  • Botol berkode 3 atau 7 PVC dan PC, tidak jauh berbeda bahaya dari botol dengan kode ini yaitu bisa memancarkan zat kimia beracun yang akan tercampur dengan minuman selanjutnya yang dituang ke dalam botol.
  • Botol dalam kemasan berbahan dasar polyethylene 2 dan 4, polyprophylen dengan kode 5 PP, dua kode tersebut diartikan boleh diisi ulang dalam dua kali pemakaian. Artinya, untuk isi ulang ketiga tidak disarankan, satu catatan yang penting adalah isi ulang hanya diperbolehkan air dingin ya, bukan air panas.

Loading...

Previous articleSempat Diisukan Menikah Diam-Diam, Dewi Persik Sebut Didi Masih Calon Suami Vanessa Angel, Sudah Nikah Belum Sih?
Next articleAwas, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Tes Narkoba Hasilnya Positif Meskipun Tak Konsumsi

Komentar

komentar

Terpopuler: