Sering Kesal Isi Snack Cuma Separo dari Bungkusnya? Ternyata Ini Lho Alasan Ilmiahnya


via tribunstyle.com

Serumpi.com – Sebagian besar orang pasti pernah mengonsumsi snack ringan. Jajanan yang satu ini memang terkadang lebih dibutuhkan saat senggang sebagai teman minum kopi maupun teh.


Ya, keberadaan snack pasti mengasikkan saat dinikmati bersama dengan keluarga atau sahabat tersayang. Namun, rasa kecewa saat membuka bungkus snack pasti juga akan dirasakan, isi dari snack yang mayoritas hanya setengah dari bungkusnya yang besar.

Seperti dilansir dari tribunstyle.com, banyak memang konsumen yang kecewa saat membuka snack kentang yang isinya tidak penuh. Padahal, sebenarnya ada alasan penting di balik isinya yang hanya setengah itu. Snack hanya diisi sebagian atau setengah dan menyisakan ruang kosong di dalamnya. Ruang kosong ini lazim disebut sebagai “slack fill”.

Baca juga : Sering Gunakan Botol untuk Isi Ulang Air? Perhatikan Kode Plastik Ini Agar Tak Mengancam Kesehatanmu

Keberadaan slack fill dalam sebuah kantong snack sangatlah penting. Jangan terburu bingung dulu ya! Karena slack fill sengaja disediakan untuk membantu kualitas snack pada saat dikemas hingga sampai di tangan konsumen. Ada dua fungsi yang berkaitan dengan slack fill tersebut.

via tribunstyle.com

Pertama, slack fill berfungsi pada bagian padding yaitu pada saat pengemasan. Hal ini dilakukan untuk menjaga snack kentang kamu tetap renyah saat sampai di tangan konsumen. Terbayang kan, bagaimana rumitnya proses distribusi yang harus diangkut sana-sini. Nah, dengan adanya slack fill yang menggelembung tersebut maka kripik kentang kamu akan tetap utuh tanpa remuk.

Kedua, slack fill berperan dalam proses pengawetan. Isi di dalam slack fill itu bukanlah oksigen. Jika oksigen yang dimasukan ke ruang kosong tersebut, maka kripik kamu bisa mudah melempem alias tidak lagi renyah.

Isi dari slack fill ini adalah nitrogen yang berfungsi menjaga kerenyahan kripik tersebut. Namun, kendati demikian banyak potensi bahaya yang mengancam dengan mengonsumsi snack kemasan secara berlebihan. Nitrogen yang ada dalam bungkus tersebut bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Seperti yang tercatat bahwa di Amerika, rata-rata konsumsi keripik kentang adalah sekitar 1,5 miliar pound dalam setahun. Dari fakta tersebut bisa dibayangkan bahaya nitrogen yang mengancam bukan? Sehingga disarankan baiknya membuat sendiri keripik rumahan tanpa harus bersentuhan dengan nitrogen ya!

Previous articleAwas, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Tes Narkoba Hasilnya Positif Meskipun Tak Konsumsi
Next articleKetahuilah, Karaktermu Bisa Terbaca Lewat 5 Cara Membawa Tas Ini

Komentar

komentar

Terpopuler: