7 Cara Ampuh Pertahankan Usia Batrei Gadget Anda, Gampang Dilakukan


via tribunnews.com

Serumpi.com Baterai ion lithium atau baterai isi ulang merupakan sebuah penemuan yang bisa dikatakan sebuah penemuan yang luar biasa. Pasalnya baterai litium berperan sebagai nyawa dalam gadget yang kita gunakan seperti smartphone, laptop, kamera, powerbankportable game dan gadget lainnya.


Siapa yang tidak ingin baterai pada gadget berumur panjang. Pasti semua menginginkan hal tersebut namun seringkali baterai yang digunakan kerap rusak. Sebenarnya bukan salah pabrik yang membuat batrei gadget kita berumur pendek. Sebenarnya salah faktornya adalah karena jarangnya memprhatikan baterai litium. Melansir dari idntimes.com inilah tips jitu cara membuat batrei gadget anda bisa bertahan.

1. Charge baterai pada awal membeli gadget

via idntimes.com

Menghabiskan baterai gadget saat baru membeli adalah tindakan yang salah. Sebenarnya baterai litium cukup bertahan ketika lemah, namun lama-lama baterai litium tidak akan bisa bertahan lebih lama. Apabila daya listrik habis, litium justru akan rusak bahkan tidak bisa charge kembali. Jadi, usahakan jangan dibiarkan sampai benar-benar habis ya.

2. Perhatikan kalibrasi baterai

via idntimes.com

Apakah kondisi indikator baterai gadget menandakan penuh namun nyatanya tidak itu tandanya perlu dikalibrasi. Cobalah mengosongkan baterai dan isi ulang hingga kembali penuh, lakukanlah rutin ketika sudah mencapai 30 kali melakukan charge atau saat indikator baterai lemah. Biasanya ini terjadi karena sering meng-charge baterai, dan menyebabkan semakin berkurangnya daya baterainya.

3. Waspada baterai pada suhu ekstrim

via idntimes.com

Sangat berbahaya bagi baterai litium ketika suhu disekitar lingkungan terlalu panas. Suhu ekstrim sangat mempengaruhi daya tahan baterai. Jangan hanya perhatikan kondisi fisik smartphone tapi perhatikan kondisi baterai litium ya.

4. Penyimpanan baterai

via idntimes.com

Ketika merasa lama menunggu charge hingga baterai sampai 100%, itu adalah hal yang wajar. Ini karena baterai lithium lebih efektif pada kisaran 40-90% jadi tidak perlu menunggu sampai 100%. Jika kurang atau melebihi kapasitas tersebut justru berakibat buruk bagi kondisi korosi baterai.

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya
Previous articleFoto Ini Tunjukkan Bulan Madu Hamish Daud dan Raisa di Bali, Awas Jangan Gagal Fokus Ya
Next articleDituding Meniru Nagita Slavina Pakai Roll Rambut, Ini Klarifikasi Menohok Dari Ayu Ting Ting

Komentar

komentar

Terpopuler: