Begini Cara Memperlakukan Penyakit Kutil Agar Cepat Sembuh dan Tak Membekas


via republika.co.id

Serumpi.comKutil merupakan masalah kesehatan kulit umumnya ditandai dengan adanya benjolan kecil bertekstur kasar. Kutil muncul diatas permukaan kulit karena disebabkan oleh human papilloma virus atau disingkat HPV. Virus ini menyerang lapisan kulit sehingga membuat produksi keratin atau protein keras meningkat melebihi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.


Karena kelebihan keratin yang kemudian menumpuk pada bagian atas kulit serta membentuk tekstur baru yang disebut dengan kutil. Hati-hati karena virus penyebab kutil bisa menular sangat mudah. Penularan dapat terjadi apabila seseorang bersentuhan secara langsung dengan kulit penderita atau tersentuh benda yang terkontaminasi virus HPV.

Melansir dari alodokter.com walau demikian, tidak semua orang bersentuhan dengan virus HPV bisa terjangkit kutil. Hal ini dipengaruhi imunitas tubuh pada masing-masing individu. Oleh sebab itu, penderita dengan imunitas tubuh yang rendah, rentan terkena penyakit ini.

Selain orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, anak-anak serta remaja juga rentan terkena kutil.

Gejala kutil

via tribunnews.com

Umumunya bentuk kutil menonjol keatas berbentuk bulatan yang memiliki permukaan kasar. Selain menyerupai bulatan kasar, ada yang memanjang dan tipis. Kutil dapat berkembang di telapak kaki di tangan atau dibawah permukaan kaki. Namun dalam kasus lain kutil muncul di permukaan kulit mana saja. Alangkah baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter untuk mendeteksi apakah yang anda derita tersebut merupakan kutil atau penyakit kulit berbahaya.

Pengobatan kutil

via
via blogspot.com

Sebagian besar kasus kutil dapat membaik dengan sendirinya, tetapi langkah pengobatan perlu dilakukan, terutama apabila kutil menyebar ke bagian tubuh yang lain, mulai terasa sakit, dan menyebabkan pendarahan.

Sebagian besar kutil bisa hilang tanpa harus diobati, namun bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu bahkan beberapa bulan.

Ada baiknya mencoba untuk menangani kutil di rumah, caranya mengoleskan salep atau plester yang mengandung asam salisilat. Salep atau plester yang mengandung asam salisilat mampu membakar lapisan atas kulit yang terdampak kutil. Selain asam salisilat, obat dalam bentuk semprot yang mengandung dimethyl ether propane. Dimethyl ether propane  mampu  membekukan kutil. Apabila tidak kunjung sembuh, segeralah konsultasi dengan dokter sebelum kutil menyebar ke area lain.



 

 

Previous articleMemilih ‘Kumpul Kebo’ dan Punya Anak, Deret Seleb Ini Akhirnya Pisahan Juga
Next articleTanpa Embel-embel Nama Besar Ayah, Inilah Kerajaan Bisnis Milik Anak-anak Ganteng Jokowi

Terpopuler: