Anda Kerap ke Dapur Jika Mampu Membedakan 4 Bumbu Ini, Mamah Muda Seharusnya Tahu Loch !

via brilio.net

Serumpi.com Sejak dulu, Indonesia terkenal dengan kekayaan alam melimpah. Salah satunya kekayaan rempah-rempah yang beragam jenis. Bahkan inilah menjadi penyebab banyaknya negara asing ingin menguasai serta menjajah negara Indonesia. Kekayaan rempah-rempah ini juga menjadi rahasia dibalik lezatnya rasa dari masakan Nusantara. Bukan orang Indonesia saja yang ikut mengakui, buktinya ada beberapa masakan khas Indonesia seperti rendang, sate dan nasi goreng diakui kenikmatannya oleh dunia kuliner internasional.

Makanan rendang yang berasal dari Sumatera Barat, yang menggunakan beragam bumbu serta rempah-rempah asli Indonesia ini bahkan masuk dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN International, 2011 lalu.

Banyak sekali ragam bentuk dari rempah-rempah yanga da di Indonesia. Melansir dari brilio.net, setidaknya dengan menjawab dengan benar 2 dari 4 bumbu ini sepertinya bisa sebagai wujud bahwa anda gemar memasak.

1. Lengkuas/laos dan jahe.

via brilio.net

Kedua jenis rempah ini berasal dari keluarga jenis tanaman dengan batang merambat dibawah tanah. Yang jadi pembeda adalah rasa dari kedua rempah ini.  Dari segi fisik, lengkuas ataupun jahe mempunyai bentuk seperti ruas jari manusia. Namun lengkuas ber tekstur kulit lebih kasar, dagingnya lebih keras namun aroma tidak begitu kuat, sedangkan jahe beraroma sangat kuat dengan tekstur kulit serta daging lebih lembut.

2. Temulawak dan kunyit.

via brilio.net

Kedua bumbu rempah ini berwarna sama yaitu warna kuning pekat menuju oranye atau jingga. Namun warna kuning pada kunyit lebih pekat dari pada temulawak. Kedua rempah ini memiliki kulit beralur hitam, tetapi alur hitam pada temulawak lebih terlihat.

3. Ketumbar dan merica.

via brilio.net

Banyak sekali yang kerap tertukar menyebutkan ketumbar dan merica/lada. Bentuk keduanya memang sangat mirip yaitu berbentuk bulat. Tetapi dari segi tekstur ketumbar lebih kasar dengan garis-garis pada permukaannya dan berwarna lebih cokelat dibandingkan lada putih. Ketumbar lebih kecil dibanding lada putih. Ketika dibelah, isi merica terlihat lebih padat, sedangkan ketumbar cenderung kopong.

4. Jintan dan adas manis.

via brilio.net

Kedua jenis bumbu ini sama-sama berbentuk mirip jarum kecil memilki panjang sekitar 5-6 mm, dengan garis-garis pada permukaan. Tetapi pada bagian ujung adas manis berbentuk bergelombang. Jintan dan adas manis mempunyai aroma wangi harum namun adas manis berbau tajam dan khas.

Loading...
Previous articleTernyata Otak Memiliki Beberapa Fakta Menarik. Penasaran? Baca Ini dan Sebarkan!
Next articleTernyata 7 Bahan Makanan Ini Tidak Bisa Dikonsumsi Mentah, Akibatnya Bisa Fatal

Terpopuler: