Wajib Tahu! Jangan Sekali-Kali Konsumsi Minuman Ini Dengan Obat, Ternyata Efeknya Berbahaya!

via allodokter

Serumpi.com – Banyak yang tak tahu kalau tak semua minuman boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat. Masalahnya tak sederhana, mengkonsumsi beberapa minuman bersamaan dengan obat ternyata memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh. Ada yang sampai menyebabkan kematian!

Dilansir dari idintimes.com, mengkonsumsi beberapa jenis minuman dengat obat secara bersamaan mengakibatkan berkurangnya fungsi obat bagi tubuh. Lebih parahnya, kandungan obat bisa berubah menjadi racun ketika dikonsumsi bersama dengan beberapa minuman di bawah ini, tak percaya? Simak penjelasan berikut!

1. Minuman yang Mengandung Kafein

via intisari.com

Tak hanya pada kopi, ternyata kafein juga terkandung pada teh. Meminum kafein bersama obat dapat menyebabkan peningkatan atau penurunan efektivitas sampai efek samping pada tubuh.

2. Susu

via instagram.com

Mengkonsumsi susu dengan obat juga sangat tidak dianjurkan, mengapa? Kandungan zat di dalam susu dapat mengurangi daya serap antibiotik dalam tubuh. Kalsium yang banyak disangka memiliki efek baik di dalam tubuh justru dapat menggangu efek obat yang dikonsumsi.

3. Jus

via youtube.com

Kandungan vitamin pada jus buah memang berperan mengembalikan kondisi tubuh saat sakit. Namun, siapa sangka bahwa jus buah dapat menghilangkan efek khasiat obat saat dikonsumsi? Hasil penelitian dari Universitas Western Ontario, Kanada oleh Prof. David Bailey menyatakan bahwa jus bisa menggangu ketahanan tubuh dalam menyerap sari obat.

Baca Juga:Ingin Selalu Tampil Cantik Tapi Budget Minim? Daun Salam Siap Jadi Solusi Cantikmu!