Makan Pisang Saat Perut Kosong, Menyehatkan Atau Justru Berbahaya?

via bintang.com

Serumpi.com – Pisang merupakan salah satu buah yang bisa mengenyangkan.Teksturnya yang padat dan halus membuat pisang banyak dipilih sebagai makanan yang bisa dimakan kapanpun, bahkan ketika perut benar-benar kosong.

Tak hanya itu, pisang juga dipilih oleh beberapa orang yang tengah menjalankan diet. Rasa kenyang setelah makan pisang membuat orang yang tengah menjalankan diet memilihnya sebagai makanan pengganti nasi. Namun apakah sebenarnya pisang yang dimakan saat keadaan perut tengah kosong memang diperbolehkan? atau malah justru membahayakan?

Melansir dari health.com, Sering dijadikan sebagai penunda lapar, perlu diketahui bahwa pisang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Seperti yang dikutip dari dari laman Boldsky, meski pisang mengandung 25 persen gula, juga tryptophan, vitamin B, zat besi, vitamin B6, magnesium dan potassium. Namun ternyata pisang tak baik dikonsumsi saat perut sedang dalam keadaan kosong. Kenapa? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Suka Makan Enak Tapi Takut Gendut? 4 Bahan Substitusi ini Bisa Bikin Makanan Kamu Jadi Lebih Sehat

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pisang mengandung gula dalam jumlah besar. Namun jika dimakan dalam keadaan perut yang kosong, justru energi akan terkuras habis selama beberapa jam, dan membuat tubuh terasa lesu, letih dan mengantuk.

Selain itu, makan pisang dalam keadaan perut kosong bisa sebabkan penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan tingkat magnesium yang tinggi bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada sistem pencernaan. Terlebih bagi penderita gangguan pencernaan, makan pisang saat perut dalam keadaan kosong pasalnya benar-benar tidak dianjurkan lho.

Nah bagi yang tengah menjalani program diet dan menghindari konsumsi nasi. Cara sehat untuk mengonsumsi pisang adalah dengan menambahkan bahan lainnya, seperti makanan berserat tinggi. Menambahkan makanan berserat tinggi akan membuat kandungan gula pada pisang lebih seimbang karena adanya serat yang membantu proses pencernaan.

Loading...
Previous articleDibohongi Agensi Hingga Diteriaki Sutradara, Ternyata Begini Kisah Nikita Willy Sebelum Dikenal Sebagai Ratu Sinetron
Next articleTak Hanya Mengatasi Bau Badan, Ada 5 Manfaat Lain Dari Deodorant, Yuk Simak!

Terpopuler: