Empat Jenis Uang Kertas Indonesia Ini Asli Diburu Kolektor! Makin Lama Tahunnya Harganya Semakin Mahal

via idntimes.com

Serumpi.com Mengoleksi barang-barang antic dan kuno bagi sebagian orang menjadi memiliki kepuasan tersendiri. Apalagi barang-barag antic dan kuno yang dikumpulkan para kolektor tersebut lambat laun memiliki nilai jual tinggi. Satu diantaranya adalah koleksi uang kuno.

Melansir dari idntimes.com, ada banyak sekali uang kuno di Indonesia yang bernilai puluhan tahun. Uang tersebut ada yang sudah using namun ada pula yang masih terawat dengan baik. Dan inilah 4 jenis uang di Indonesia yang paling banyak jadi incaran kolektor.

1. Uang kertas 500 Gulden

via idntimes.com

Uang kertas ini buatan tahun 1933-1939 ini, dikeluarkan sebelum Indonesia merdeka. Uang pecahan Gulden tersebut berdesain wayang. Tak mengherankan jika keberadaannya banyak dicari oleh para kolektor. Bentuknya uang ini indah, dan sudah berumur puluhan tahun. Tak ayal jika harganya sangat mahal. Seri wayang terdiri dari 8 pecahan serta14 variasi. Pecahan kecil (5, 10 dan 25 gulden) masing-masing memiliki 3 variasi tanda tangan. Sedangkan pecahan besar hanya memiliki satu variasi.

2. Uang kertas 1.000 Gulden

via idntimes.com

Uang kuno ini adalah seri wayang Gulden dengan nominal paling besar yaitu 1000 Gulden. Uang kuno ini bisa laku hingga mencapai Rp 100 juta.

3. Uang kertas Rp 100

via idntimes.com

Uang yang dikeluaran tahun 1948 ini tergolong uang kuno dan  sangat mahal. Uang kuno berdesain kemerdekaan ini sekarang sangat langka ditemukan. Jika kondisinya masih bagus, para kolektor mau membeli dengan sangat mahal karena uang ini menjadi saksi pascaperjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. Uang kertas Rp 5.000

via idntimes.com

Uang ini di keluarkan tahun 1958. Ukurannya lebih besar dibanding dengan uang kertas saat ini. Uang Kuno tersebut berdesain gambar perempuan berkebaya sedang memegang padi. Disisi sebaliknya ada gambar hamparan sawah terasering. Uang ini sangat langka karena konon hanya bisa dimiliki orang-orang tertentu saja.

Loading...
Previous articleStatus 10 Artis Muda Ini Cuma Pacaran, Tapi Bikin Kejutan Ulang Tahun untuk Pasangannya Mewah dan Romantic Banget
Next articleArtis Fandy Christian Mengakui dan Meminta Maaf Telah Hisab Benda di Dalam Pesawat

Terpopuler: