Terungkap 8 Manfaat Baik Bersantap Sahur, Nomor 3 Jadi Dambaan Wanita Banget

via dream.co.id

Serumpi.com – Saat bulan Ramadhan kita akan disibukkan dengan aktivitas puasa. Tentunya aktivitas yang identik dengan puasa ialah sahur dan berbuka. Bagi yang tak terbiasa menjalani ibadah tersebut memang akan merasa cukup kesulitan. Terlebih harus melakukan aktivitas sahur pada pagi hari.

Cukup banyak orang yang memilih untuk tak menjalankan sahur lantaran tak bisa bangun terlalu pagi. Padahal aktivitas sahur sangat sayang untuk dilewatkan. Sahur memiliki beberapa manfaat yang selama ini kemungkinan belum kamu ketahui. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut deretannya.

Baca juga : Ingin Tetap Puasa Meski Punya Asam Lambung? Ikuti 7 Tips Tepat Ini

1. Menambah tenaga saat berpuasa

via kumparan.com

Agar dapat menjalankan puasa dengan baik, maka kita perlu mempersiapkan stamina dengan baik pula. Salah satu caranya dengan menjalankan sahur. Jika kita sahur maka energi dalam tubuh akan tertata dengan baik. Alhasil kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Makan sahur akan menjadi persiapan kita untuk menempuh puasa selama seharian.

2. Menjalankan sunnah Nabi

via irtaqi.net

Sahur memang bukan syarat sah dari aktivitas berpuasa. Namun sahur merupakan sunnah puasa, yakni jika dijalankan akan memperoleh pahala. Tentu momentum bulan Ramadhan ini digunakan kaum muslim untuk berlomba-lomba memperoleh pahala. Maka tak ada salahnya jika melakukan agenda sahur untuk mendapatkan kebaikan.

3. Baik untuk diet

via autoindo.me

Berbekal makan sahur kamu bisa menyukseskan program dietmu lho! Namun kamu harus tetap memperhatikan dengan baik makanan yang kamu santap. Baik saat sahur ataupun berbuka. Sebab jika salah makan, bukannya diet didapat melainkan akan membuat lemak semakin menumpuk dalam tubuhmu.

4. Sarana untuk sedekah

via beritagar.id

Sedekah tak melulu harus berupa uang. Kita dapat menyediakan makan sahur bagi orang yang tak berkecukupan. Tentu ini menjadi salah satu kegiatan bersedekah yang cukup menarik untuk dilakukan. Selain itu, tindakan ini juga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

5. Dapat mengucapkan niat

via dream.co.id

Umumnya niat akan diucapkan pada malam harinya sebelum puasa. Tepatnya saat sholat tarawih. Namun jika kamu lupa mengucapkan niat puasa saat malam hari, maka waktu sahur merupakan waktu yang tepat untuk mengucapkan niat. Ingat, niat merupakan rukun puasa. Sehingga perlu dilakukan agar puasa seseorang menjadi sah.

6. Pencegahan terhadap penyakit sindrom metabolik

via klikdokter.com

Tahukah kamu penyakit sindrom metabolik? Penyakit ini diakibatkan oleh penyakit jantung, diabetes hingga stroke. Sindrom ini merupakan suatu keadaan yang tak baik bagi kesehatan. Sebab dapat memicu naiknya tekanan gula darah, kolesterol, tekanan darah hingga penumpukan lemak pada area pinggang terjadi secara bersama-sama.

Hal tersebut umumnya disebabkan karena memiliki kelebihan berat badan serta kurangnya gerak. Jadi sebaiknya tetaplah rutin makan sahur selama menjalankan ibadah puasa agar tak mengalami masalah pencernaan.

7. Membuat sistem imun tubuh meningkat

via info-kesehatan.net

Ternyata para ahli kesehatan berpendapat jika makan sahur bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat lho! Tubuh pun akan mempunyai perlindungan yang tinggi pada serangan virus dan bakteri. Nah, jadi jangan ragu lagi untuk melakukan kegiatan makan sahur agar terhindari dari bakteri maupun virus.

8. Kesempatan beribadah

via republika.co.id

Biasanya waktu sahur akan berlangsung pada sepertiga malam terakhir. Tentu saja waktu tersebut dekat dengan waktu sholat subuh. Pada sepertiga malam juga waktu yang tepat untuk dianjurkan melakukan ibadah, mulai dari berdoa hingga berdzikir.

Terlebih pada bulan Ramadhan kita memang dianjurkan untuk melakukan ibadah-ibadah yang bersifat wajib ataupun sunnah. Kita dapat mengisi waktu luang menunggu subuh dengan membaca lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Loading...
Previous articleBenar-Benar Aneh dan Bikin Merinding! 4 Orang Ini Menikah Bahkan Ada Yang Menghamili Makhluk Tak Kasat Mata
Next articleBukan Alien! Misteri Kerangka Aneh Ini Tak Bisa Dipecahkan Oleh Ilmuan

Terpopuler: