Suka Kalap saat Buka Puasa? Yuk Coba 4 Strategi ini agar Tidak Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

via travelkompas.com

Serumpi.com – Setelah seharian menahan lapar dan haus, wajar saja jika saat berbuka seseorang sering kalap memakan apapun yang ada di hadapannya. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan uang demi menyiapkan sederet menu yang akan disantap saat berbuka.

Sayangnya, lantaran terlalu bernafsu menghabiskan semua hidangan yang ada di meja, banyak yang kerap mengeluh lantaran kekenyangan setelah berbuka. Perlu diketahui ya, berlebihan saat berbuka juga kurang baik bagi kesehatan lho.

Seperti yang dilansir dari health.com, Masalah yang sering terjadi ketika berbuka puasa adalah tergoda makan apa pun. Pada akhirnya, banyak orang yang makan berlebihan karena “balas dendam” dan jadinya malah bikin gemuk. Lalu, bagaimana caranya agar tidak makan berlebihan?

1. Minum air putih dan makan tiga biji kurma terlebih dahulu

via travelkompas.com

Sebelum menyantap makanan berat, minum segelas air putih serta makan tiga biji kurma sangat dianjurkan saat buka puasa. Selanjutnya, tinggalkan meja makan dan segera lakukan sholat maghrib terlebih dahulu.

2. Makan Pelan-pelan

via travelkompas.com

Makanlah yang tenang, mengunyah yang pelan dan nikmati makanannya. Selain pencernaan jadi lebih mudah menyerap nutrisi, makan perlahan juga membuatmu cepat kenyang.

Baca Juga: Yakin Masih Hobi Buka Puasa dengan Gorengan? Berhenti dari Sekarang Kalau Kamu Peduli dengan Kesehatan

3. Makan dengan alat makan yang kecil

via mamikos.com

Cara ini dilakukan agar porsi yang akan masuk di perut adalah makanan yang sudah diambilnya. Alat makan yang kecil menjadikan porsi makan yang diambil juga cenderung lebih sedikit lho!

4. Hindari memasak atau membeli jenis makanan dalam jumlah yang banyak

via gelut.com

Kebiasaan ini memang kerap dilakukan oleh beberapa orang yang kerap berburu takjil. Banyaknya jenis makanan yang dijajakan saat menjelang buka, membuat lapar mata ingin membeli semuanya. Akibatnya, saat berbuka semua makanan yang ada di meja makan juga ingin dihabiskan semuanya.


Previous articleBawaannya Kocak, Tapi Siapa Sangka Suara Adzan Artis ini Bikin Merinding
Next articleSelain Kurma, Makan 5 Makanan ini di Bulan Ramadan Juga Bernilai Ibadah Lho!

Terpopuler: