Ini Dia Tips Agar Wajan dan Piring Kembali Kinclong Dari Lemak Masakan, Yuk Simak!

via womantalk.com

Serumpi.com – Lebaran sebentar lagi, Biasanya ibu-ibu akan disibukan dengan menyediakan dan memasak menu lebaran bukan? Menu lebaran yang didominasi makanan berlemak dan banyak minyak biasanya akan sulit untuk dicuci.

Masakan yang berlemak, berminyak biasanya sering tertempel di wajan dan piring kotor. Membersihkannya pun cukup sulit, terkadang tidak cukup hanya dengan menggunakan sabun. Tetap saja masih tercium bau amis dan kurang bersih. Tenang ada tips yang bisa membuat wajan dan piring kotor bekas lebaran nanti kembali kinclong. Ini dia tipsnya

1. Rendam Dengan Air Panas

Sebelum dicuci dengan sabun, sebaiknya piring atau wajan yang berlemak di rendam terlebih dulu dengan air panas. Hal ini akan memudahkan lemak dan minyak yang menempel untuk dibersihkan ketika memakai sabun.

2. Pilih Sabun Cuci Yang Mengandung Anti Bacterial

Untuk membersihkan lemak membandel dibutuhkan sabun yang berbeda untuk membersihkannya. Pilihlah jenis sabun cuci puring yang mengandung anti bakterial. Kandungan anti bakterial ini akan lebih memudahkan mengangkat kotoran dibanding dengan sabun biasa.

3. Baking Soda

Baking soda memang dikenal dengan khasiatnya yang mempunyai kandungan untuk memutihkan. Kita bisa menggunakan baking soda untuk mengembalikan dan membersihkan panci dan wajan bekas memasak.

Caranya satu sendok baking soda kedalam panci campur dengan air lalu panaskan. Setelah sedikit panas gosok panci atau wajan tersebut hingga nodanya hilang.

4. Cuka

Kita bisa menghilangkan noda dan lemak membandel yang terdapat dalam wajan dan piring dengan menggunakan cuka. Caranya tuangkan cuka secukupnya ke atas panci atau wajan berminyak yang sebelumnya sudah diisi setengah air. Letakkan di atas kompor hingga mendidih. Biarkan sekitar 10 menit sebelum membilasnya dengan sabun cuci piring.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuang noda dan lemak pada peralatan masak. Semoga bermanfaat!

Loading...
Previous articleIstimewa!! 5 Jajanan Tradisional Ini Hanya Bisa Dijumpai di Bulan Puasa Lho
Next articleGak Perlu Setrikaan, Begini Caranya Kalau Ingin Cepat Baju Jadi Rapih Ketika Waktu Lagi Mepet

Terpopuler: