Jangan Keburu Panik Melihat Volume Darah Menstruasi Semakin Berkurang, 6 Hal Inilah Ternyata Yang Jadi Penyebabnya

via tribunnews.com

Serumpi.com Siklus menstruasi setiap wanita tidaklah selalu sama. Ada banyak wanita yang mengalami menstruasi dengan waktu yang singkat dan volume darah sedikit. Di dalam ilmu medis, menstruasi sedikit disebut hypomenorrhea. Ada beberapa faktor yang menyebabkan volume darah keluar lebih sedikit.

Tak hanya semata-mata indikasi adanya penyakit tertentu dalam tubuh. Keluarnya volume arah yang sedikit dipengaruhi oleh banyak factor. Melansir dari alodokter.com, inilah beberapa penyebab darah menstruasi keluar sedikit.

1. Genetik

Jika mengalami menstruasi sedikit, kemungkinan hypomenorrhea disebabkan karena faktor keturunan. Cobalah bertanya kepada ibu atau saudara perempuan anda, apakah mengalami hal yang sama ?

2. Faktor usia

Menstruasi sedikit, juga terjadi pada remaja yang baru mengalami pubertas dan wanita yang memasuki masa menopause. Hypomenorrhea terjadi pada kedua kondisi tersebut karena ketidakseimbangan kadar hormon yang memiliki peran dalam siklus menstruasi.

via kapanlagi.com

3. Gaya hidup

Stres, berat badan yang naik atau turun secara drastis, merokok, serta olahraga berlebihan dapat membuat hormon tidak seimbang serta menyebabkan menstruasi tidak seperti biasanya.

4. Penggunaan alat kontrasepsi

Memakai alat kotrasepsi terutama kontrasepsi hormonal seperti , suntik KB, pil KB atau susuk KB, volume darah menstruasi anda bisa berkurang karena KB hormonal mencegah tubuh melepas sel telur dan dinding rahim tidak mengalami penebalan.

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Kondisi ini terjadi saat ovarium ditumbuhi kista-kista berukuran sangat kecil. Penderita PCOS bisa mengalami menstruasi sedikit, ini terjadi karena proses ovulasi mengalami gangguan.

6. Asherman’s syndrome

Asherman’s syndrome ditandai dengan kondisi dinding bagian dalam rahim (endometrium) meradang serta membentuk jaringan parut, sehingga volume rongga rahim berkurag. Selain menstruasi sedikit, gangguan ginekologis dapat ditandai dengan munculnya gejala kram serta nyeri perut, serta infertilitas.

Cara Mengatasinya

Menstruasi sedikit karena faktor pubertas, menopause, serta gaya hidup, maka tidak memerlukan pengobatan secara khusus. Cobalah untuk melakukan gaya hidup sehat. Jika menstruasi sedikit karena pil KB maka bisa diatasi dengan mengganti jenis alat kontrasepsi lain, seperti kondom atau implan.

Loading...
Previous articleSelain Teh Hijau, Ternyata ada Teh Jenis Baru yang Juga Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan!
Next articleDeretan Tulisan yang Ditempel Dibarang Bawaan saat Mudik Ini Kocaknya Parah, Ada yang Curhat Jomblo Hingga Pesan Puitis Untuk Orangtua

Terpopuler: