Say No to Kolesterol, Begini Cara Sehat Menikmati Menu Lebaran

via sajianlezat.com

Serumpi.com – Lebaran bakal datang sebentar lagi, aneka menu makanan dan jajajan bakal tersaji manis di atas meja. Sayangnya, kurang berhati-hati dalam menyantap menu lebaran justru bikin kolesterol makin meningkat lho. Lihat saja menu lebaran yang penuh dengan aneka macam makanan berminyak dan berlemak, wah kalau nggak hati-hati bisa bahaya nih.

Ngomongin menu lebaran yang beraneka ragam, bukan berarti nggak boleh disantap ya, boleh kok asal tahu aturan. Ternyata ada beberapa trik jitu yang bisa digunakan buat menikmati menu lebaran namun bebas dari kolesterol.

Seperti yang dilansir dari health.com, Momen tahunan Lebaran menjadi momen untuk lebih waspada bagi mereka yang menderita hipertensi, diabetes, kolesterol, asam urat, atau sedang hamil. Demi menjaga kesehatan, semua orang harus lebih selektif dalam memilih menu makanan lebaran yang banyak mengandung santan, lemak, dan gula tinggi.

Baca Juga: Kejebak Macet saat Mudik? 5 Kegiatan Sederhana ini Ampuh Hilangkan Bosan di Tengah Macet Arus Mudik

1. Waspada Santan

via makanansehat.com

Makanan yang dimasak dengan santan memang selalu menggoda lidah. Apalagi sejenis rendang, gulai, atau opor ayam. Wah jangan tanya, nikmatnya bikin lidah langsung ngiler!  Tapi sayangnya, makanan bersantan justru harus dihindari saat lebaran lho, kenapa? karena santan merupakan pemicu kolesterol yang pantang dimakan!

2. Perhatikan Porsi Makan

via detikfood.com

Setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh, momen lebaran biasanya dijadikan sebagai ajang balas dendam untuk memakan semua hidangan yang disajikan. Demi menjaga kesehatan agar tetap fit, sebaiknya selalu memperhatikan pola makanan ya, meski hidangan yang disajikan bikin tangan lagi-lagi pingin nambah nasi.

3. Minum Cukup Air Putih

via hallosehat.com

Air putih tetap menjadi penawar paling mujarab, untuk menstabilkan kondisi cairan dalam tubuh dan melancarkan metabolisme hendaknya selama lebaran selalu minum air putih dengan cukup. Kurang minum air putih justru memudahkan penyakit menyerang tubuh.


Previous article4 Artis Tak Dikatai Sok Kaya tapi Justru Dipuji Netizen Meskipun Sedang Pamer Dinner Mewah
Next articleGeram Karena Sang Ayah Direbut Pelakor, 4 Anak Ini Merasa Tak Terima Hingga Akhirnya Luapkan Emosi dengan Berbagai Tindakan

Terpopuler: