Mulai Sekarang Jangan Buang Serabut Putih Pada Jeruk, Ternyata Ampuh Untuk Penderita Diabet

via brilio.net

Serumpi.comJeruk menjadi salah satu jenis buah-buahan yang difavorikan semua kalangan. Selain ena dan emnyegarkan, jeruk menjadi sumber vitamin C yang melimpah. Buah dengan kulit warna jingga terang ini mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Kandungan vitamin dalam buah jeruk menjadikan jeruk sebagai buah tangan ketika menjenguk orang sakit. Jeruk sendiri termasuk dalam tumbuhan berbunga, anggota citrus dari suku Rutaceae.

Rasa asam dalam buah ini berasal dari asam sitrat dalam jeruk itu sendiri. Buah jeruk berasal dari Asia Timur serta Asia Tenggara. Umumnya, orang mengupas kulit jeruk hingga benar-benar bersih. Termasuk membersihkan bagian serabut-serabut putih atau disebut albedo. Ternyata serabut-serabut putih tersebut memiliki khasiat bagi tubuh. Dilansir brilio.net dari hellosehat berikut ini manfaat dari albedo.

1. Sumber serat.

via brilio.net

Serabut putih pada jeruk memang terasa hambar, namun serabut putih tersebut mengandung serat yang sangat tinggi. Tahukah kamu? menghilangkan serabut putih pada jeruk bisa mengurangi 30 persen kandungan seratnya. Jenis serat pada serabut putih dalam buah jeruk dinamakan pektin. Pektin berfungsi mmelancarakn pencernaan serta mengikat kolesterol dan trigliserida berlebihan.

2. Sumber vitamin C.

via brilio.net

Buah jeruk memang kaya vitamin C. Selain pada aging buahnya, serabut putih pada jeruk ternyata kaya vitamin C. Bahkan jumlah vitamin C pada serabut-serabut putih hampir sama dengan daging buah jeruknya.

3. Kaya antioksidan.

via brilio.net

Serabut putih pada buah jeruk memiliki kandungan antioksidan berbentuk flavonoid. Jumlah flavonoidnya sangat berlimpah. Ada dua jenis flavonoid dalam serabut putih pada buah jeruk, naringen dan hisperidin. Kedua jenis antioksidan tersebut memberikan perlindungan ykuat bagi sistem kekebalan tubuh. Bahkan naringen mempunyai keunggulan sebagai zat yang yang dapat mengurangi lonjakan gula darah. Bagi penderita diabetes mengonsumsi buah jeruk tanpa membuang serabut putihnya ternyata sangat baik bagi tubuh mereka.

Loading...
Previous articleTak Hanya Berbentuk Bulat, 5 Kreasi Kue Nastar Ini Dalam Berbagai Bentuk Ini Cute Banget ! Jadi Nggak Tega Makan
Next articleDulu Makanan Ini Tak Berharga, Tapi Sekarang Dikenal Sebagai Santapan Mahal

Terpopuler: