Lebaran Tiba, Inilah 5 Hidangan Unik yang Wajib ada di Beberapa Daerah Indonesia

via youtube.com

Serumpi.com – Lebaran tak terasa sebentar bakal tiba, beragam persiapan mulai dilakukan oleh seluruh umat muslim di belahan dunia. Begitu pula dengan masyarakat muslim di Indonesia, beragam persiapan sudah mulai banyak dilakukan demi menyambut datangnya lebaran.

Seperti yang dilansir dari brilio.net, Meski lebaran selalu identik dengan ketupat, namun ada beberapa daerah di Indonesia berbeda dengan daerah lainnya. Uniknya, jenis makanan ini selalu menjadi menu hidangan wajib yang berjalan dari tahun ke tahun. Penasaran? Intip yuk!

1. Lomang, Tapanuli

via yaaminbake.com

Berjalan dari generasi ke generasi, makanan khas yang terbuat dari beras ketan menjadi menu khas yang tak bisa ditinggalkan ketika lebaran tiba.

2. Buras, Makasar

via sajianlezat.com

Jika di Tapanuli, hidangan wajib saat lebaran adalah Lomang, bergeser ke Makasar, Buras menjadi hidangan yang tak bisa ditinggalkan pada saat lebaran tiba. Terbuat dari beras, garam dan daun salam serta dibungkus dengan daun pisang, buras biasanya dihidangkan bersama opor dan Coto Makassar.

Baca Juga: Simpel Namun Elegan, Gaya Hijab Ala Selebriti ini Bisa Jadi Inspirasi Lebaran

3. Sekubal, Lampung

via instagram.com

Terbuat dari ketan dan santan kelapa dan dapat disantap dengan sayur ataupun opor. Pasalnya, makanan ini hanya bisa dijumpai saat lebaran tiba. Untuk membuat sekubal butuh waktu yang tidak sedikit, membuat makanan ini butuh waktu 10 jam. Biasanya warga Lampung membuat sekubal 5 hari sebelum hari raya Idul Fitri.

4. Timphan, Aceh

via youtube.com

Menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari kota Serambi Mekah, Aceh. Timphan adalah menu wajib yang akan disajikan saat lebaran. Bahan dasar dari timphan adalah pisang raja, tepung ketan, santan kental, air kapur sirih, telur ayam, gula pasir, nangka, daun pandan dan kelapa parut.

5. Lepet Ketan, Manado

via resepenak.com

Lepet ketan merupakan salah satu makanan khas Manado yang akan disajikan saat lebaran. Terbuat dari beras ketan putih, kelapa muda, kacang beras dan garam serta dibungkus menggunakan daun kepala.

 


Previous articleTerungkap!! Minal Aidin Wal Faizin Ternyata Artinya Bukan Mohon Maaf Lahir Batin
Next articleBukannya Sambut Lebaran, Sederet Artis Cantik ini Justru Makin Asik dengan Bisnis Barunya, Apa ya?

Terpopuler: