6 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Ied, Lakukan Agar Pahala Makin Berlipat

via rumaysho.com

Serumpi.com – 1 Syawal menjadi hari istimewa bagi umat muslim. Di hari ini mereka yang beragama Islam merayakan kemenangan setelah sebelumnya satu bulan full menahan hawa nafsu.

Ketika 1 Syawal tiba, banyak hal yang akan disiapkan untuk merayakan Idul Fitri. Salah satunya adalah persiapan Sholat Ied. Meski bukan Sholat wajib, Sholat Ied adalah bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

Baca Juga : Sayang Dilewatkan, Inilah 9 Amalan Sederhana di Malam Takbir Untuk Menyambut Idul Fitri

Loading...

Nah, agar lebih  afdhol, lakukan 6 amalan sunah sebelum sholat ied berikut agar pahalamu makin berlipat-lipat.

1. Membaca Takbir

via misbha7.com

Bertakbir mulai dari matahari tenggelam hingga imam naik mimbar saat pelaksanaan sholat ied dihukumi sunnah. Hal ini pulalah yang sering disebut sebagai budaya ‘takbiran’ atau ‘takbir keliling’ di Indonesia.

2. Mandi

via harga-jual.com

Sebelum melakukan sholat ied sangat disarankan untuk mandi. Hal ini sama halnya mandi sebelum melaksanakan sholat jumat dan sholat iedul adha.

3. Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian

via selipan.com

Memakai pakaian terbaik saat pelaksanaan sholat dua hari raya merupakan sunnah yang dianjurkan Nabi. Tak hanya itu, memakai wewangian bebas alkohol juga dianjurkan.

4. Makan

via erabaru.net

Sebelum melaksanakan sholat ied hendaknya memakan terlebih dahulu walau hanya sedikit. hal ini sesuai hadis. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ” Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia shalat dulu.” (HR. At Tirmidzi No. 542, Ibnu Majah No. 1756, Ibnu Hibban No. 2812, Ahmad No. 22984)

5. Sholat Ied di Lapangan

via tribunnews.com

Mengutip dari kitab Ihya’ Ulumuddin, Imam Al-Ghozali berkata, ” Disukai melaksanakan salat Id di tanah yang luas, kecuali di Mekah dan Baitul Maqdis. Sekiranya hari itu hujan, tidak mengapa melaksanakannya di masjid. Dan dibolehkan pada hari yang sangat panas berdebu, imam menyuruh seorang laki-laki untuk salat Id bersama orang-orang lemah di masjid, sementara ia keluar ke tanah lapang bersama orang-orang yang kuat seraya bertakbir.”

6. Berjalan Kaki

via detakriaunews.com

Dalam sebuah hadis riwayat At Tirmidzi disebutkan, ” Dan dari Ali Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, ia berkata, ‘Termasuk dari sunnah adalah keluar pada hari raya dengan berjalan kaki.”

Meski termasuk sunnah berjalan kaki menuju sholat ied, bukan berarti kita tak boleh menggunakan kendaraan. Hanya saja, lebih utama berjalan kaki daripada berkendara.


Previous articleSempat Mencoba Bunuh Diri, Begini Nasib Artis Cantik Ini Setelah Dibukakan Pintu Hijrah
Next articleTerungkap!! Minal Aidin Wal Faizin Ternyata Artinya Bukan Mohon Maaf Lahir Batin

Terpopuler: