Mengungkap Rahasia Besar di Balik Tradisi Bersalaman Saat Lebaran

via instagram.com

Serumpi.com – Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, umat muslim akhirnya menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Beragam persiapan dilakukan jauh-jauh hari demi menyambut sanak saudara yang datang saat lebaran tiba.

Menariknya, di Indonesia sendiri momen lebaran tak hanya sekedar berkumpul dan makan bersama keluarga. Namun ada hal yang lebih penting dari itu, bersalam-salaman saat lebaran sudah pasti menjadi pemandangan yang tak asing saat lebaran tiba. Nah, kira-kira apa ya makna di balik kegiatan salam-salaman saat lebaran?

Melansir dari liputan6.com, Tradisi bersalaman dengan mengulurkan tangan kita kepada yang lain, saat idul fitri tiba seolah menjadi bagian tak terpisahkan. Lantas apa makna dan keutamaan simbol perdamaian seluruh umat manusia itu versi Islam ?

Loading...

Baca Juga: Selalu Ngehits Saat Lebaran, 5 Sandal ini Wajib Dimiliki anak 90-an, Pernah Nyobain Juga?

Pesan pertama dengan bersalaman itu adalah menyebarkan nilai kedamaian,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda, Cisurupan, Garut, Jawa Barat, KH Cecep Jaya Karama.

Lebih dari itu, Cendekia muda asal Garut tersebut mengatakan, tradisi bersalaman telah menjadi bagian hidup baginda Rasulullah selama menyebarkan Islam. Tak mengherankan, banyak kaum atau raja suatu bangsa, masuk Islam tidak dengan peperangan.

via tempo.com

Kita tahu bahwa makna asal dari salaman itu dalam bahasa Arab adalah salam atau peaceatau damai,” kata dia.

 

Kedua, makna dan keutamaan bersalaman adalah sebagai simbolisasi saling memaafkan dan saling menghalalkan atau istilahnya halal bi halal. “Makna ketiga tentu sebagai ekspresi dari komitmen untuk saling menjaga, saling membantu dan bersatu,” kata dia.

Cecep menambahkan, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al-Barra’ bin Azib dari Abu Dawud dan Tarmidzi, disebutkan bahwa mushafahah atau bersalaman dapat melebur dosa.

Bila seorang muslim bertemu, kemudian ia mengucapkan salam dan berjabat tangan, maka Allah SWT akan mengampuni dosa kedua orang tersebut, hingga mereka berpisah,” jelasnya.


Previous articleMengintip Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Belahan Negeri, Nggak Kalah Seru sama di Indonesia Lho
Next article4 Pasang Artis Ini Pamer Potret Perdana Saat Rayakan Idul Fitri Bareng Pasangannya, Jomblo Dilarang Iri!

Terpopuler: