Lebaran Ketupat Sebentar Lagi, Jangan Sampai Ketupatmu Hancur Karena 9 Kesalahan Fatal Ini

via bumbu.blogspot.com

Serumpi.com – 1 Syawal telah lewat. Namun, ada satu lagi lebaran yang patut dirayakan, yakni lebaran ketupat. Tak seperti lebaran Idul Fitri yang identik dengan saling bermaafan. Lebaran ketupat diwarnai dengan saling kirim ketupat sayur atau sekedar menyantap ketupat bersama keluarga.

Nah, agar lebaran ketupat terasa lebih afdol ada baiknya jika memasak ketupat sendiri. Namun sayangnya, ada banyak kesalahan yang seringkali dilakukan saat masak ketupat. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain.

1. Pemilihan Janur

via hipwee.com

Pilihlah janur dengan panjang dan lebar seragam. Jika tidak, ketupat lebaranmu akan memiliki ukiran yang tak sama besar bahkan akan sulit dibentuk. Jangan lupa pula memilih janur yang masih segar.

Baca Juga : Nggak Cuma Ketupat, 4 Makanan ini Juga Cocok Jadi Pelengkap Menu Lebaran Lho

2. Mencuci Beras

via tribunnews.com

Sebelum dimasak beras harus dicuci bersih terlebih dahulu. Pastikan beras benar-benar bersih agar ketupat tak cepat basi.

3. Mengisi Beras

via tribunnews.com

Terlalu banyak mengisi beras membuat isi ketupat kelar tak beraturan. Sedangkan terlalu sedikit mengisi beras akan menyebabkan ketupat lembek dan sulit dipotong. Takaran ideal mengisi ketupat adalah ¾ bagian.

4. Air Untuk Merebus

via bebasketik.com

Saat merebus ketupat, pastikan seluruh bagian ketupat terendam sempurna. Hal ini dimaksudkan agar ketupat matang secara sempurna.

5. Pemilihan Panci

via youtube.com

Hindari menggunakan panci tembaga saat merebut ketupat. Panci jenis ini akan meninggalkan noda hijau pada ketupat.

6. Ukuran Ketupat Tak Sama

Jika ada ketupat yang berukuran tak sama, sebaiknya rebus dalam panci berbeda. Jika tak memungkinkan, masukkan ketupat berukuran lebih besar. Selang 5 menit, masukkan ketupat berukuran kecil agar seluruh ketupat matang bersamaan.

7. Ketupat Mengambang

via okezone.com

Ada kalanya ketupat mengambang ketika direbus. Jika sudah demikian, berikan pemberat pada tangkai ketupat. Jika tidak, ketupat tidak akan matang sempurna. Parahnya lagi, ketupat akan bertekstur lembek.

8. Waktu Perebusan

via asn.id

Tak ingin ketupat lembek seperti bubur? Rebus ketupat paling lama 48 menit. Jika lebih, ketupat akan kelebihan air dan sulit dipotong.

9. Langsung Gantung Setelah Direbus

via satujam.com

Inilah alasan mengapa beberapa ketupat diikat menjadi satu. Setelah direbus, ketupat harus segera digantung untuk membuang kelebihan air dan mencegah tumbuhnya jamur.


Previous articleBakal Bikin Jomblo Iri, Artis yang Tak Miliki Sosmed Pribadi Ini Sudah Berani Go Publik Bareng Pacar
Next articleKompak Pakai Baju Kembaran, Ibu dan Anak Artis ini Nampak Serupa Tapi Beda Generasi

Terpopuler: