Resmi Dinyatakan Bukan Susu, Ini Bahaya Susu Kental Manis yang Tak Banyak Diketahui 

via hallosehat.com

Serumpi.com – Dunia kesehatan Tanah Air kembali dikejutkan dengan beredarnya fakta susu kental manis yang ternyata tidak mengandung susu. Tak tanggung-tanggung, masalah tersebut rupanya juga mendapat tanggapan serius dari pemerintah. Terbukti dari langkah sigap BPOM yang melakukan penelitian perihal kandungan susu kental manis dan langsung mengeluarkan pemberitahuan resmi jika susu kental manis memang bukanlah susu.

Melansir dari health.com, Bertahun-tahun masyarakat menganggap jika ‘susu kental manis’ adalah susu, namun kini secara resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menyatakan jika susu kental manis tidak mengandung susu.

Tanpa padatan susu sama sekali, susu kental manis telah berhasil “menipu” masyarakat yang justru sering menyajikannya untuk anak, sebagai alternatif dari susu bubuk yang memiliki harga lebih mahal.

Loading...

Baca Juga: Kerap Derita Insomnia? Ternyata ini Penyebabnya, Sayang Banyak yang Nggak Sadar

Tak hanya itu, BPOM juga menyatakan jika susu kental manis sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang terlebih bagi anak-anak di bawah umur. Kandungan gula yang terlalu tinggi membuat susu ini juga kurang baik dikonsumsi secara terus menerus.

Menyikapi kondisi tersebut, BPOM secara tegas mengeluarkan beberapa aturan yang wajib dipatuhi dan dilaksanakan oleh para produsen susu. Salah satunya adalah dengan melarang penggunaan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.

Bahkan belakangan ini BPOM juga melarang produsen susu kental manis menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman. Khusus untuk iklan, produk susu kental manis juga dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.


Previous articleAplikasi Tik Tok Dihapus, 5 Seleb in Ternyata Beri Respon Tak Terduga
Next articleUnggah Foto Lama, Artis Cantik ini Kenang Perjuangan Semasa Kuliah, Mengharukan!

Terpopuler: