Selain Papua, Tanah 4 Daerah di Indonesia Ini Mengandung Emas yang Melimpah

via blogspot

Serumpi.com Emas  yang melimpah menjadi salah satu penanda bahwa suatu negara memiliki sumber daya alam yang kaya. Selain itu, hasil dari tambang emas bisa menambah keuangan negara. Indonesia sendiri terdapat banyak sekali hasil tambang emas, dan menjadi salah satu terbesar di dunia.

Selain wilayah Papua, ternyata Indonesia menyimpan cadangan emas yang tersebar diberbagai wilayah. Dilansir dari liputan6.com, selain Papua, inilah 4 daerah yang memiliki sumberdaya alam emas yang melimpah.

1. Bengkulu

Provinsi Bengkulu, terutama di Kabupaten Seluma, dipercaya menyimpan kandungan emas lebih banyak dibanding Papua. Luas wilayah yang mengandung emas mencapai 90 ribu hektare. Hal tersebut dibuktikan dari hasil survei awal oleh tim ahli geologi berbendera Berick dari Inggris. Potensi kandungan emas di tempat ini melebihi satu juta ounces. Dalam hitungan kasar, satu ounces setara 280 gram.

2. Bogor

via tribatanews

Di Bogor terdapat potensi emas yang luar biasa. Lokasi penambangannya ada di Gunung Pongkor, kawasan tersebut sekarang menjadi kawasan pertambangan emas yang dikelola BUMN tambang PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Kini kegiatan tambang tersebut diklim terbesar se-Jawa.

3. Bali

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Bali, I Ketut Ariantana, melansir data yang bikin kaget. Pasalnya, secara geologis tanah di Bali memiliki potensi kandungan emas. Namun ini perlu penelitian karena letaknya yang terlalu dalam.

Baca Juga : Temukan Sumur Tua di Ruang Tamu, Saking Penasarannya Pria Ini Ingin Punya Mesin Waktu Agar Dapat Memecahkan Misterinya

4. Banyuwangi

via tempo.com

Aset Tumpang Pitu berdasarkan standar Joint Ore Reserve Committe (JORC), memiliki kualitas asset emas yang cukup mencengangkan. Bahkan James Francis, General Manager Operations dari PT Bumi Suksesindo (BSI), operator tambang emas Tumpang Pitu, mengatakan bahwa tidak hanya emas dan perak, yang menjadi sumber daya alam di Tumpang Pitu, namun daerah tersebut juga memiliki tembaga yang melimpah.

 


Previous articleTemukan Sumur Tua di Ruang Tamu, Saking Penasarannya Pria Ini Ingin Punya Mesin Waktu Agar Dapat Memecahkan Misterinya
Next articleSelain Tajir Melintir, Ternyata Tunangan Denny Sumargo Adik Ipar Penyanyi Kondang, Siapa ya?

Terpopuler: