Tak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Perbankan Tertua yang Ada di Indonesia

via tribunnews.com

Serumpi.com Di Indonesia, awalnya bank didirikan untuk mendanai perdagangan serta membiasakan masyarakat agar gemar menabung.   Fungsi sederhana akhirnya berubah ketika masyarakat internasional menuntut transaksi tanpa batas serta waktu. Sehingga perbankan menerapkan teknologi mutakhir.

Karena banyaknya kejahatan perbankan merebak banyak perbankan ditanah air akhirnya gulung tikar. Uniknya, 5 bank nasional tertua yang lahir di Indonesia ini, masih bisa bertahan hingga sekarang. Melansir dari tribunnews.com, inilah 5 Bank Nasional Tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini.

1. PT Bank OCBC NISP Tbk

via tribunnews.com

Bank OCBC NISP (dahulu Bank NISP) didirikan tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama awal NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Resmi jadi bank komersial pada tahun 1967, menjadi bank devisa ditahun 1990 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1994.

2. PT Bank QNB Kesawan Tbk.

via tribunnews.com

Bank ini didirikan di Medan dengan nama NV Chunghwa Shangyeh Maatschappij (The Chinese Trading Company Limited). Bank tersebut bergerak dalam bisnis simpan pinjam serta perdagangan umum. ditahun 1958, Bank ini resmi beroperasi menjadi Bank Umum. Sejak saat itu, Bank ini bertransformasi menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Bank Chunghwa Shangyeh di tahun 1962. Kemudian berganti nama menjadi PT Bank Kesawan ditahun 1965. Bank ini lalu rebranding menjadi Bank QNB Indonesia Tbk.

3. PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk.

via tribunnews.com

Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk menjadi satu Bank Umum di Indonesia yang berdiri pada 1906 atas prakarsa 10 saudagar Pasar Baru. Pada 1913, perusahaan ini disahkan menjadi Badan Hukum berstatus “Vereeniging”. Tahun 1975 menjadi Badan Hukum dengan nama “PT. Bank Tabungan Himpunan Saudara 1906”. Pada akhir 2014 terjadi merger bersama PT Bank Woori Indonesia, sejak Tahun 2015, namanya kini menjadi Bank Woori Saudara.

4. PT Bank Tabungan Negara Tbk.

via tribunnews.co

Postspaar Bank didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda ketika rakyat Indonesia tengah berjuang merebut kemerdekaan. Tujuan pendirian bank ini supaya masyarakat gemar menabung. Postspaar Bank akhirnya menjadi cikal bakal Bank BTN.

5. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

via tribunnews.com

Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto dengan nama awal De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”, suatu lembaga keuangan hanya melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi).

Bank ini didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja, dan akhirnya diakui menjadi Bank Pemerintah pertama pada tahun 1946.


Previous articleYakin Ingin Cerai dari Dipo Latif, Nikita Mirzani Rela Melakukan Hal Ini
Next articlePenting Diketahui, Mari Mengenali 3 Istilah Kadaluarsa Pada Produk Makanan

Terpopuler: