Penting Diketahui, Mari Mengenali 3 Istilah Kadaluarsa Pada Produk Makanan

via bluegeumelectrical

Serumpi.comHal yang umum dilakukan ketika membeli makanan untuk mengecek tanggal kedaluwarsa. Hal ini penting dilakukan karena makanan jika sudah melebihi batas tanggal kedaluwarsa maka bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Nah, biasanya tanggal kedaluwarsa ditulis dengan jelas mulai dari tanggal, bulan dan tahun makanan tak boleh lagi dikonsumsi.

Tapi tahukah kamu ternyata, ada tiga jenis tanggal kedaluwarsa yang ada pada kemasan makanan. jenis tangal kadaluarsa ini berbeda antara satu dan yang lain dan tidak semua tanggal yang tertera merupakan tanggal kadaluarsa. Namun banyak orang yang tak memahaminya. Jika menemukan barang dengan tulisan exp berati expired berarti harus dibuang.

Namun jika makanan sudah melewati batas tanggal yang tertera pada kemasan, ​tak perlu bingung​  kecuali yang exp memang harus dibuang. Sebenarnya tanggal yang tertera hanya pedoman dari pabrik pembuat makanan.

Melansir grid.id dari Ift.org berikut ini adalah 3 istilah lain dari tanggal kedaluwarsa.

1. Use By

via bestbeforedate

Tanggal kedaluwarsa ini biasanya dipakai untuk kemasan makanan yang cepat mengalami pembusukan. Tanggal kedaluwarsa tersebut ditujukan untuk konsumen sebagai arahan batas tanggal dimana produk tersebut harus dimakan. Artinya, apabila sudah melewati tanggal yang tertera, makanan masih aman untuk dikonsumsi. Namun, kesegaran serta nutrisinya sudah mulai berkurang.

2. Sell By

via bluegeumelectrical

Keterangan Sell By biasanya merujuk pada tanggal yang digunakan oleh para pengecer agar mereka tak lagi menjual makanan tersebut atau keterangan waktu untuk membantu para penjual menentukan berapa lama barang tersebut dapat dipajang.

3. Best By

via bluegeumelectrical

Keterangan tanggal kedaluwarsa yang satu ini hampir sama dengan Use By. Namun tanggal ini digunakan oleh para penghasil produk untuk memberitahukan hingga kapan produk yang mereka buat masih ada dalam titik kesegarannya. Label Best By merupakan saran untuk konsumen agar mengonsumsi produk sebelum tanggal agar kualitas tetap terjaga.

 


Previous articleTak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Perbankan Tertua yang Ada di Indonesia
Next articleSempat Dikritik Pedas, Tampilan Waode Sofia Usai Dimake Over Ini Sungguh Memukau Publik

Terpopuler: