Kamu Sering Kesemutan? Awas Banyak Penyakit Yang Sedang Mengancam

via hallosehat.com

Serumpi.com, Kesemutan bukanlah hal baru lagi, hampir semua orang pernah merasakan kesemutan. Bahkan anak-anak juga pernah merasakan kesemutan. Banyak yang mengganggap kesemutan sebagai hal sepele. Bahkan tak jarang kesemutan menjadi hal yang diabaikan begitu saja. Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang bisa kesemutan? Lalu berbahayakah kesemutan bagi kesehatan? Ternyata begini penjelasannya.

Dilansir dari hallosehat.com, kesemutan adalah salah satu istilah yang menjelaskan tentang mati rasa atau kurangnya kepekaan beberapa anggota tubuh karena tekanan tertentu yang terjadi dalam waktu lama. Kesemutan akan menyebabkan rasa sakit dan tertusuk-tusuk pada bagian kaki atau tangan.

via hallosehat.com

Ketika memaksa untuk bergerak pada bagian yang kesemutan maka akan merasa sangat tidak nyaman. Kesemutan paling sering terjadi pada orang yang sudah duduk dalam posisi tertentu seperti bersila dan posisi lain dalam waktu yang sangat lama. Lalu apa kesemutan hubungannya dengan kesehatan?

Kesemutan terjadi karena ada aliran darah yang terhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf tertentu pada bagian kaki dan tangan. Hal ini akan menyebabkan ada banyak titik yang menyerang pada bagian kaki dan tangan.

Menurut penelitian para pakar kesehatan, kesemutan juga menandakan seseorang punya gangguan kesehatan yang lebih serius. Jika seseorang sering kesemutan dan terjadi dalam waktu yang lebih lama, maka pemeriksaan sangat diperlukan.

via halosehat.com

Beberapa penyakit tertentu yang sering ditandai dengan kesemutan karena terjadi kerusakan sistem syaraf baik dalam skala ringan maupun berat. Penyakit ini antara lain diabetes, sindrom syaraf (lumpuh pada bagian saraf ulnaris, peroneal, dan syaraf radial), kerusakan organ hati, gagal ginjal, kelainan ginjal, kerusakan pembuluh darah, peradangan jantung dan organ dalam, kanker yang menyerang syaraf dan masalah hormon dan gejala anemia.