Ampuh Membersihkan Paru-Paru, Bahan Ini Wajib Kamu Konsumsi Sehari-Hari

via hallosehat.com

Serumpi.com – Menjaga kesehatan tubuh memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru merupakan organ vital yang kerap bermasalah saat seseorang kurang memperhatikan kondisinya. Nah, salah satu cara menjaga paru-paru selain berolahraga ternyata bisa dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi makanan yang sehat.

Seperti yang dilansir dari health.com, Semakin banyaknya polusi udara membuat kesehatan paru-paru semakin terancam. Bukan hanya karen asap rokok, kini bentuk polusi semakin beragam. Mulai dari asap kendaraan, residu pembakaran sampah, bahkan beberapa bahan kimia seperti parfum dan racun serangga juga bisa pengaruhi kesehatan organ ini.

Untuk menurunkan risiko semua penyakit itu pada paru-paru ternyata dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami berikut ini.

1. Jus Lemon

via hallosehat.com
Loading...

Selain menyegarkan, jus lemon juga diyakini dapat menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan antioksidan pada jeruk bermanfaat sebagai penyaring udara kotor yang masuk ke paru-paru.

 2. Jahe

via hallosehat.com

Jahe selama ini dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan sebagai sahabat ibu di dapur, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat minuman. Nah, minuman yang terbuat dari jahe tersebut ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

3. Peppermint

voa dr.X.com

Kerap dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan dan minuman, aroma segar pada peppermint memberikan efek positif pada kesehatan paru-paru. Sayangnya, jenis bahan ini masih belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

4. Oregano

via youtube.com

Oregano juga menjadi salah satu dari daftar bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. di Indonesia, jenis bahan ini memang masih jarang ditemui, namun di luar negeri bahan ini menjadi salah satu komponen penting dalam dunia kesehatan khususnya untuk menangani para penderita paru-paru.