Bahaya! Stop Simpan Benda ini di Dalam Freezer, Bisa Bikin Meledak!

via kaskus.com

Serumpi.com – Bagi beberapa orang, freezer menjadi benda serbaguna yang bisa menyimpan segala macam jenis benda. Idealnya, suhu rendah yang dimiliki pada sistem freezer dipercaya dapat membuat segala macam makanan jadi lebih awet dan tahan lama. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu kalau ternyata ada beberapa jenis makanan yang justru membahayakan ketika disimpan di dalam freezer.

Seperti yang dilansir dari brilio.net, Tak semua makanan atau minuman bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Apalagi di bagian freezer-nya. Seperti diketahui, freezer merupakan bagian paling dingin pada kulkas. Freezer berfungsi untuk membekukan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Nah, karena suhu bekunya tersebut membuat benda tertentu saja yang boleh masuk ke dalam freezer. Asal memasukkan barang, bisa jadi kulkas bakal meledak!

1. Minuman Bersoda

via bintang.com

Hingga saat ini masih banyak yang belum sadar kalau menyimpan minuman bersoda di dalam freezer ternyata bukanlah kebiasaan yang baik. Soda yang dikandung pada soft drink akan bereaksi dan menimbulkan kebakaran ketika berada pada suhu yang relatif rendah. Alih-alih menyimpan minuman biar awet, kulkas bisa meledak lantaran reaksi minuman bersoda pada suhu yang terlampau dingin.

2. Minuman Beralkohol

via kaskus.com

Selain minuman bersoda, minuman beralkohol juga tak dianjurkan disimpan di dalam freezer. Reaksi yang terjadi pada minuman beralkohol ternyata menyebabkan kebakaran dan kulkas bisa meledak.

3. Dry Ice atau Es Kering

via amazine.com

Es kering memang jarang ditemukan di rumah-rumah. Es kering yang disimpan di dalam freezer ternyata juga beresiko meledakkan kulkas. Suhu dingin dari freezer memberikan efek sublimasi, perubahan bentuk dari padat ke gas, dari es kering tersebut. Sehingga gas yang berlebihan akibat proses sublimasi tersebut akan membuat lemari es meledak.

4. Membersihkan Freezer Dengan Benda Tajam

via tribunnews.com

Bunga es pada freezer memang kerap mengganggu pemandangan, nah tak jarang orang-orang membersihkannya dengan benda tajam. Sebenarnya itu tidak boleh dilakukan, sebab di dalam freezer ada pipa gas isobutana. Jika pipa tersebut tertusuk maka akan mengakibatkan kulkas meledak seketika.