Sering Diabaikan! 5 Kesalahan Memakai Softlens Ini Bahayanya Mengerikan

via suratkabar.id

Serumpi.com – Pasti sudah tak asing lagi dengan soflens bukan. Ya, softlens kini tak hanya digunakan oleh mereka yang tengah menghadapi masalah kesehatan mata. Softlens sudah menjadi suatu kebutuhan untuk bergaya demi mendapatkan penampilan mata yang berwarna-warni. Apa kamu juga tertarik?

Namun pemakaian softlens untuk keperluan softlens sebaiknya juga perlu diperhatikan. Pasalnya, jangan sampai demi tampil cantik justru membuat kesehatan mata terancam oleh karena pemakaian yang salah.

Nah, biar tidak hanya sekadar ikut-ikutan tren memakai softlens, alangkah baiknya kamu ketahui beberapa hal berikut ini. Pasalnya seringkali pengguna softlens melakukan kesalahan-kesalahan ini.

1. Jangan Asal-Asalan Pilih Softlens

via suratkabar.id

Salah satu hal yang paling sering dilakukan kebanyakan orang adalah melakukan coba-coba. Mereka menggunakan softlens hanya untuk percobaan saja. Sehingga asal-asalan memilih softlens berdasarkan harga yang murah.

Sudah pasti bukan, harga yang begitu murah tak akan pernah bisa menjamin kualitas softlens yang berkualitas. Bisa jadi softlens tersebut tak bersih atau malah hasil daur ulang. Nah, hal inilah yang nantinya akan membahayakan kesehatan mata. Jadi sebaiknya softlens berdasarkan kualitas, bukan berdasarkan harga murahnya.

2. Mencuci Softlens dengan Air Kran

via suratkabar.id

Kesalahan kedua yang kerap sekali dilakukan oleh mereka yang menggunakan softlens adalah mencucinya dengan sembarangan. Bahkan softlens dicuci dengan air kran yang tak diketahui bagaimana kebersihannya.

Air kran biasanya mengandung bakteri maupun parasit yang bisa merusak softlensmu. Tak hanya itu saja, air kran yang kamu gunakan untuk mencuci softlens akan membuat mata terinfeksi. Jadi sebaiknya gunakan air khusus atau air minum suling yang telah dicampur dengan larutan garam guna mencuci softlens.

3. Menggunakan Softlens Melebihi Batas Wajar

via suratkabar.id

Ada hal yang harus diperhatikan bagi pengguna softlens. Softlens merupakan benda yang memiliki batas pemakaian. Ada harian, mingguan, hingga bulanan untuk masa kadaluarsanya. Jadi penggunaan softlens sebaiknya digunakan sesuai batasan tersebut. Jangan gunakan melebihi batasan waktu tersebut, sebab akan membuat mata mengalami iritasi hingga kerusakan jaringan di sekitarnya.

4. Tidur Mengenakan Softlens

via suratkabar.id

Kesalahan fatal mengenakan softlens saat tidur ini sangat membahayakan mata. Mungkin kamu tak akan merasakan apapun saat tidur. Namun softlens bisa sewaktu-waktu mengalami sobek dan kamu kesulitan mengeluarkannya. Hal ini akan membuat mata mengalami infeksi yang bahaya. Jadi jangan pernah lupa melepas softlens sebelum tidur ya.

5. Jangan Saling Berbagi

 

 

via suratkabar.idBah

Hal salah dalam menggunakan softlens ini juga kerap dilakukan. Biasanya kamu merasa biasa saja berbagi dengan teman soal softlens. Tapi jangan salah, hal ini akan membahayakanmu. Softlens merupakan benda pribadi yang tak bisa digunakan untuk saling berbagi. Jika berbagi softlens, bisa jadi kamu akan berbagi bakteri yang akan membahayakan mata. Tidak mu bukan?

Tak hanya itu saja, sering sekali pihak optik yang menyediakan sampel softlens yang bisa digunakan konsumen untuk dicoba. Hal ini jangan pernah kamu lakukan ya, pasalnya itu akan membahayakan kesehatan mata.

Kelima kesalahan tersebut kerap sekali diabaikan oleh pengguna softlens padahal dampak buruknya sangat membahayakan mata. Jadi, perhatikan ya mulai sekarang, jangan asal-asalan menggunakan softlens.


Previous articleVakum Bintangi Film, Artis Cantik ini Ternyata Tengah Mengandung Buah Hati Keduanya
Next articleMasih Cantik Bak ABG, Banyak yang Tak Menyangka Kalau Chef Multitalenta ini Ternyat Sudah Beranak Tiga

Terpopuler: