Menguak Misteri Jembatan Gantung Terkecil di Dunia, Lihat Lebarnya

via travel.com

Serumpi.com – jembatan menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan. Berperan sebagai penghubung satu tempat dengan tempat lainnya, keberadaan jembatan memang kerap dinilai sebagai faktor yang sangat berpengaruh terhadap aktifitas manusia. Bayangkan saja, tanpa adanya jembatan seberapa sulitnya menempuh perjalanan untuk menuju wilayah yang dipisahkan oleh sungai.

Uniknya, meski jembatan menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia, ternyata dari sekian juta jembatan yang ada di dunia terdapat jembatan yang ukurannya sangat kecil. Jembatan tersebut bahkan bisa diukur menggunakan satuan jari lho!

Seperti yang dilansir dari dream.co.id, Jembatan terkecil di dunia tersebut menghubungkan ujung selatan Pulau Somerset dan Sandys Parish, di wilayah bagian barat daya daratan utama Pulau Bermuda.

Baca Juga: Waspada!! 4 Penyakit ini Paling Banyak Menyerang Wanita, Sayang Ada yang Dianggap Remeh

Jembatan yang telah dibangun sejak tahun 1670 itu sangat membantu masyarakat Bermuda. Pasalnya, jika tak ada jembatan tersebut, masyarakat harus menempuh jarak tiga jam, tapi mereka cukup menempuh dua detik saja untuk melintasi jembatan dengan lebar 32 inch atau sekitar 81 cm.

via drea.co.id

Meski memiliki ukuran yang sangat kecil, namun jembatan tersebut memiliki pondasi yang cukup terlihat kokoh dan sangat mencerminkan desain bangunan pada masa lampau. Meanriknya lagi, jembatan ini juga akan dibuka tutup ketika ada kapal berukuran kecil akan lewat. Jika dibuka, jembatan ini memiliki ukuran 56 semtimeter.

Sayangnya, jembatan yang diberi nama Somerset Bridge tersebut tidak bisa membuka dan menutup secara otomatis, sehingga harus dilakukan secara manual oleh petugas. Sejak 2009, Somerset Brigde sudah menjadi tempat wisata favorit masyarakat dan pada 2015 lalu, jembatan mungil itu dijadikan sebagai monumen bersejarah.

Nah, bagi mereka yang ingin berwisata, jembatan ini cocok dijadikan wisata sejarah karena memiliki arsitektur yang sangat menarik. Selain dapat diakses secara gratis, pasalnya para petugas dan juga masyarakat yang melewati jembatan tersebut akan dengan senang hati bercerita tentang sejarah dan seluk beluk jembatan tersebut.


Previous articleBak Kajatuhan Durian Runtuh, 5 Seleb ini Pacaran dengan Idolanya, Asli Bikin Iri
Next articleMenjalin Kasih dengan Artis Saat Masih Berstatus Istri Orang, Nasib Aktris Berdarah Pakistan Ini Jadi Dilema

Terpopuler: