Gereja Kuno Ini dari Zaman Romawi Kuno Ditemukan di Dalam Sebuah Danau, Lihat Fotonya

via tribunnews

Serumpi.com – Sebuah gereja kuno ditemukan di sebuah danau di Turki. Reruntuhan gereja kuno ini terendam sedalam tiga meter dari permukaan air, dan berjarakhanya  sekitar 50 meter dari tepian Danau Iznik, ujung barat Turki. Para arkeolog memiliki pendapat bahwa gereja bergaya Romawi ini dibangun di tepi danau sekitar tahun 390, ketika Iznik dikenal sebagai Nicea dan Istanbul disebut sebagai Konstantinopel, tempat tersebut merupakan pusat kekaisaran Romawi di wilayah timur.

Para arkeolog juga berpikir gereja ini mungkin menyembunyikan harta lain di dalamnya yang kemungkinan adalah kuil penganut ajaran pagan. Sejak tahun 2006, kepala arkeologi di Universitas Bursa Uludag, Mustafa Sahin, melakukan pencarian di wilayah Iznik. Namun, bukti otentik muncul pada tahun 2014 ketika petugas survei pemerintah menunjukkan beberapa foto udara tentang adanya reruntuhan bangunan ini.

via kompas.com

“Ketika saya pertama kali melihat foto udara danau, saya cukup terkejut melihat struktur gereja yang jelas,” ungkap Sahin. Melansir dari kopas.com, Sahin berkata temuan ini menyimpan beberapa kuburan manusia di bawah tembok utama basilika atau dinding bema. Beberapa koin ditemukan di kuburan tersebut. Koin-koin ini berasal dari pemerintahan Kaisar Valent (yang memerintah tahun 364-368) dan Kaisar Valentinian II (memerintah tahun 375-392). Artinya, basilika dibangun setelah tahun 390.

via tribunnews.com

Sahin sepakat bahwa basilika ini didedikasikan untuk Santo Neophytos, yang meninggal karena dibunuh oleh orang Romawi di Nicea pada tahun 303, pada masa pemerintahan Kaisar Diocletian. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 313, Konstantinus Agung, kaisar saat itu, mengeluarkan Dekrit Milan yang menegaskan toleransi keagamaan bagi Kekristenan di seluruh Kekaisaran Romawi.

Diperkirakan bangunan ini tenggelam di dalam danau karena gempa bumi pada tahun 740, dan meninggalkan reruntuhan yang terendam. Bangunan tersebut bahkan terlupakan sampai ditemukan kembali sekarang.


Previous articleSule Buka Suara, Isu Kedekatannya Dengan Pramugari Hanyalah Gimmick
Next articleNgeri, Lidah Seorang Wanita Tiba-tiba Menghitam dan Berbulu Usai Minum Obat Ini

Terpopuler: