Waduh, Diet Karbo Ternyata Nggak Bikin Langsing, Simak Alasannya!

via health.com

Serumpi.com – Selama ini banyak yang menganggap jika diet bisa dilakukan dengan cara apapun. Asal mengurangi makan, terlebih asupan karbohidrat maka diet diyakini bakal berhasil. Namun hal tersebut rupanya tak selamanya benar, diet karbo ternyata justru tak membuat seseorang menjadi langsing.

Melansir dari health.com, Dari sekian banyak metode diet yang tersedia, diet karbohidrat termasuk salah satu yang paling sering digunakan. Sebab, selama ini amat banyak mitos yang menyebut karbohidrat sebagai senyawa jahat. Lantaran alasan tersebut, membuat banyak orang menjatuhkan pilihannya pada diet karbohidrat demi mengurangi berat badan mereka.

Padahal, anggapan ‘nggak makan karbohidrat bikin langsing’ ternyata nggak sepenuhnya benar, lho. Kenapa? Berikut penjelasan ilmiahnya!

Baca Juga: Kerap Disepelekan, Buah Apel Ternyata Punya 3 Manfaat Mengejutkan

Jim White pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios menerangkan hal ini kepada Pop Sugar. Ia mengatakan bahwa orang-orang terlalu fokus pada asupan protein dan seringkali melupakan asupan karbohidrat saat diet justru membuat berat badan tak terkontrol.

Padahal, karbohidrat sama pentingnya dengan protein untuk memberi kekuatan pada tubuh dan membentuk otot. Perkembangan otot dapat berjalan dengan baik jika diimbangi dengan asupan karbohidrat cukup.

Sebab, karbohidrat adalah sumber energi utama yang akan digunakan oleh otot. Karbohidrat meningkatkan cadangan glikogen di tubuh. Glikogen digunakan tubuh untuk bahan bakar ketika olahraga. Terutama olahraga berat yang dilakukan secara rutin.

Justru ketika berolahraga, tubuh menjadi bergantung pada cadangan glikogen tersebut. Ketika asupan karbohidrat dikurangi, cadangan energi dari glikogen tidak akan cukup untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berolahraga.

Kondisi ini kerap membuat seseorang ingin tetap menyantap makanan dan memperbanyak ngemil. Meski tak terlihat sebagai makanan berat yang mengandung karbohidrat, camilan ternyata menjadi ancaman berbahaya bagi orang yang tengah menjalankan diet.


Previous articleSekarang Tenar, Artis ini Kisahkan Kehidupan Masa Lalunya, Asli Bikin Pilu
Next articleJangan Biarkan Kamar Kamu Jadi Sarang Nyamuk, Ternyata Benda Inilah Yang Membuat Nyamuk Betah

Terpopuler: