Mitos Atau Fakta? Vitamin C Bisa Cegah Kehamilan, Simak Penjelasannya!

via tribunjabar.com

Serumpi.com – Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C biasanya berasal dari berbagai jenis buah-buahan segar. Kandungan vitamin C memang sangat mudah ditemui, wajar saja jika jenis vitamin ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kendati vitamin C sangat bermanfaat untuk tubuh, namun beberapa pendapat mengatakan jika jenis vitamin ini sempat dipercaya dapat mencegah kehamilan. Namun benarkah pendapat tersebut? sedangkan vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Melansir dari health.com, Vitamin C bisa melindungi sel-sel tubuh yang rusak dan membantu melawan infeksi. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, vitamin C bisa mencegah kehamilan, kenapa?

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, Sejak akhir abad ke-19, vitamin C telah digunakan sebagai metode rumahan untuk melakukan aborsi. Kandungan asam karbonat yang terkandung dalam vitamin C dapat menyebabkan seorang wanita hamil mengalami keguguran.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C juga berakibat menghambat pertumbuhan hormon progesteron. Padahal seperti yang diketahui, hormon progesteron sendiri sangat penting untuk mempersiapkan rahim wanita, untuk menerima sel telur yang sudah dibuahi dan berubah menjadi seorang bayi.

Berkuarangnya produksi hormon ini membuat rahim tidak akan siap untuk pembuahan. Vitamin C menekan dan mengurangi pelepasan hormon progesteron sehingga bisa mempengaruhi proses implantasi di rahim menjadi tidak mungkin.

Tak hanya itu, vitamin C juga mempengaruhi area miss V pada wanita. Overdosis vitamin C tersebut bisa membuat pH miss V yang bersifat basa berubah menjadi pH asam. Perubahan pH ini akan membuat sel sperma tidak bisa bertahan lama karena sel sperma tidak bisa hidup di area yang memiliki pH asam. Akibatnya, konsumsi vitamin C yang berlebihan kurang dianjurkan bagi wanita yang tengah menjalankan program kehamilan.


Previous article9 Potret Teuku Baihaqi, Cowok Manis Ini Ternyata Adik Artis yang Kerap Perankan Tokoh Antagonis
Next articleIngin Menginap di Hotel Tertua di Dunia? Ternyata Nggak Mahal Banget Kok, Asalkan Kamu Berani

Terpopuler: