Picu Kanker Hingga Turunkan Fungsi Otak, Produk Pembersih Rumah ini Ternyata Masih Kerap Digunakan

via youtube.com

Serumpi.com – Membersihkan rumah menjadi salah satu agenda yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Tak ayal kalau belakangan ini mulai muncul beragam produk pembersih rumah yang makin digemari masyarakat khususnya ibu rumah tangga.

Berfungsi sebagai pelengkap dan membantu membersihkan rumah menjadi lebih sempurna, ternyata tak semua produk pembersih rumah aman digunakan lho. Beberapa produk pembersih rumah bahkan diklaim bisa menyebabkan kanker dan memicu penurunan fungsi otak.

Seperti yang dilansir dari grid.id,  penggunaan produk pembersih juga dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, terutama dalam pemilihan jenis produk pembersih yang digunakan. Banyaknya jenis produk pembersih yang mulai marak beredar kerap membuat masyarakat lalai, padahal sederet kandungan dalam produk pembersih ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kira-kira apa saja ya produk pembersih yang seharusnya mulai dihindari untuk membersihkan rumah? berikut ulasannya!

Baca Juga: Kerap Disepelekan, Buah Apel Ternyata Punya 3 Manfaat Mengejutkan

1. Perchloroethylene

via youtube.com

Jenis bahan kimia pembersih ini sering ditemukan dalam pembersih noda, larutan pembersih cucian, dan jenis produk pembersih kain atau jok lainnya. Perchloroethylene dikenal sebagai neurotoxin dan karsinogen yang dapat mempengaruhi fungsi otak, termasuk kehilangan memori dan sakit kepala.

2. Phthalates

via instagram.com

Waspadai aroma dalam produk pembersih karena banyak dari produknya mengandung ftalat. Kandungan zat ini dapat mengakibatkan gangguan endokrin yang dapat memengaruhi hormon tubuh dan menyebabkan infertilitas, cacat lahir. Sayangnya, kandungan zat ini justru yang paling banyak ditemukan pada produk pembersih rumah. Alih-alih ingin rumah berbau harum, ternyata produk pembersih rumah yang mengandung ftalat justru sangat berbahaya.

3. Klorin

via alodokter

Klorin adalah salah satu bahan kimia rumah tangga yang paling umum dan yang paling berbahaya. Hal ini sering ditemukan dalam pembersih toilet, pemutih, dan produk pembersih lainnya dan paparannya dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah tiroid.


Previous articleRasanya Lezat dan Bikin Ketagihan, Siapa Sangka Makanan ini Justru Merusak Kulit!
Next articleAkhirnya Terungkap, Ternyata Dialah Sosok Pengisi Suara Si Otan

Terpopuler: