Mengenal Tradisi Kungfu Cha, Seni Menyeduh Teh yang Menyimpan Sejuta Manfaat

via okezone.com

Serumpi.com – Sejak zaman dahulu, teh menjadi salah satu minuman bagi masyarakat. Terlebih bagi keluarga kerajaan, teh merupakan minuman yang disimbolkan sebagai bentuk penghormatan. Wajar saja, jika sampai detik ini eksistensi teh di dunia kuliner masih begitu diminati oleh masyarakat.

Pasalnya, demi mendapatkan segelas teh yang berkualitas ternyata ada cara tersendiri lho untuk menyeduhnya. Salah satu seni menyeduh teh yang dikenal begitu legendaris adalah Kungfu Cha.

Melansir dari liputan6.com, Sensei Suwarni Widjaja satu-satunya Tea Master dari Indonesia, yang mendapat sertifikasi internasional termasuk pengakuan dari Organisasi Teh di Cina dan Jepang,  memperkenalkan jenis-jenis teh yang ada memperkenalkan seni penyeduhan teh yang dikenal dengan Kungfu Cha.

Loading...

Baca Juga: Dianggap Biasa dan Berharga Murah, Sederet Makanan ini Justru Jadi Buronan di Luar Negeri

Kungfu Cha, tidak sekadar ‘seni’ untuk menyeduh teh. Lebih dari itu, cara minum seperti ini bisa membuat si penikmat jadi tahu semua pengetahuan terkait teh dari si penyeduh teh. Dari situ juga, antara penyaji dan penikmat bisa saling mengenal kepribadian dan pengetahuan, yang mencakup tujuan hidup dan cara berpikir sang lawan bicara.

Makna dari seni penyeduhan teh ini adalah kesabaran, ketekunan, tata krama, santun, keindahan, ketenganan, serta harmonisasi dalam hidup,” kata Suwarni.

Sayangnya, selama ini orang hanya tahu bahwa minum teh tak lebih dari kegiatan melepas dahaga semata, tanpa mempedulikan bagaimana cara menikmati rasa dan aromanya. Bahkan sang Tea Master pun juga menyadari hal tersebut. Suwarni menyayangkan karena menurut dia, Indonesia adalah negara yang memiliki budaya minum teh yang kuat di masa lalu.

Meski Indonesia dikenal sebagai negara yang memilik cukup banyak produksi teh lokal, nyatanya masih belum ada yang berniat mengembangkan seni minum teh sebagai bagian dari sejarah.


Previous article10 Momen Perayaan Ulang Tahun Andre Taulany & sang Istri, Kemesraan Mereka Bikin Baper Banyak Orang
Next articleArtis Ini Bikin Brand Parfum Sendiri, Produk Mereka Bikin Kamu Cetar dan Berasa Mewah

Terpopuler: