Rekomendasi 10 Tanaman yang Ampuh Melawan Kanker, Biasanya Tumbuh Subur Disekitar Kita

via tribunnews.com

Serumpi.com – Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof I Ketut Adnyana merekomendasikan setidaknya 10 bahan yang dinilai bisa melawan sel kanker dalam tubuh. Bahan-bahan ini berasal dari tumbuhan herbal, aman dikonsumsi dan mudah didapatkan di Indonesia.

Prof Ketut mengatakan kanker adalah penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, kanker merupakan penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang akhirnya berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain sehingga menyebabkan kematian.

Melansir dari republika.co.id, ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk melawan kanker yaitu dengan operasi, radiasi, antibody monoclonal, dan kemoterapi. Namun banyak orang memilih alternatif lain dalam melawan kanker yaitu dengan obat herbal.

via tribunnews.com

Prof Ketut menyebutkan setidaknya 10 tanaman yang memiliki potensi sebagai penyembuh kanker. Tanaman-tanaman tersebut teruji secara ilmiah memiliki senyawa aktif yang dapat membunuh sel kanker.

Kesepuluh tanaman tersebut adalah Tapak Dara (Vinca rosea), Taxol (Taxus sp), Lempuyang Wangi (Zingiber zerumbet), Temu Kunci (Boesenbergia pandurata), Melinjo/Tangkil (Gnetum gnemon), Daun Sirsak (Annona muricata), Bawang Tiwai (Eleuthrine americana), Keladi Tikus, biji dari buah Anggur, dan Propolis (dari lebah madu).

via manfaat.co.id

“Kesepuluh potensi obat herbal ini telah melalui berbagai uji coba untuk memastikan bahwa obat tersebut benar-benar dapat membunuh sel kanker, yakni melalui uji kandungan senyawa aktif, uji tingkat sel, uji menggunakan hewan percobaan, dan diuji langsung kepada penderita kanker. Hasilnya, kesepuluh jenis herbal tersebut dapat menekan aktivitas sel kanker dan mendapat testimoni positif dari pasien uji coba,” kata Prof Ketut dalam seperti dalam siaran pers, Senin (1/10).

Ia menuturkan bahwa senyawa yang ada didalam daun sirsak. ternyata lebih baik untuk menekan sel kanker.  Selain itu, biji melinjo memiliki kandungan senyawa aktif yang baik untuk menekan pertumbuhan sel kanker yaitu gnetin C dan trans-resveratrol.

“Bahan ini (melinjo) banyak kita punya di Indonesia, tepatnya biasa kita olah sebagai emping. Jadi budayakanlah makan emping dan sayur lodeh,” ujarnya..


Previous articleIni yang Dilakukan Oleh Dua Member Kpop Super Junior Saat Tahu Palu Diguncang Gempa Dahsyat
Next articleSempat Jadi Misteri Siapakah Pacar Marshanda, Akhirnya Terungkap Inilah Sosok Lelaki Tersebut

Terpopuler: