Selain Enak dan Mengenyangkan, Berikut Alasan Kenapa Makanan ini Dinilai Menyehatkan

via health.com

Serumpi.com – Makanan ini dikenal sebagai salah satu makanan yang menyimpan banyak energi. Tak ayal kalau makanan ini kerap dipilih sebagai bahan dasar untuk membuat roti. Kandungan karbohidrat pada gandum memang menjadi sumber energi, meski begitu sejauh ini di Indonesia gandum masih menjadi makanan sampingan untuk dikonsumsi.

Melansir dari linetoday.com, Makanan yang kaya akan gandum telah terbukti mengurangi faktor risiko kardiovaskular, membantu menjaga berat badan, dan masih banyak lagi.  Peneliti utama Dr. Kati Hanhineva menjelaskan mengapa para ilmuwan mulai menyelidiki hal tersebut.

Gandum adalah salah satu makanan tersehat. Umpamanya saja, kita mengetahui bahwa mengonsumsi gandum dalam jumlah tinggi dapat melindungi diri dari diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular,” terangnya.

Loading...

Baca Juga: Tak Tanggung-tanggung, 5 Artis Tanah Air Ini Punya Asisten Bejibun, Ada yang Sampai 20 Orang

Lebih mengejutkan lagi, pasalnya orang yang rutin mengonsumsi gandum dipercaya mampu terhindar dari penyakit diabetes. Pasalnya, Para peneliti menemukan korelasi antara kadar senyawa betain yang lebih tinggi dan peningkatan metabolisme glukosa.

Pipecolic acid betaine, misalnya, sangat menarik. Peningkatan kadar pipecolic acid betaine setelah mengonsumsi gandum, di antara hal lainnya, berhubungan dengan kadar glukosa yang rendah setelah makan,” imbuh Dr. Hanhineva.

Tak hanya itu, penelitian lagi juga menyebutkan jika gandum mampu membantu kerja jantung. Beberapa kandungan pada gandum ternyata mampu mengurangi asam lemak yang dapat menghambat fungsi keja jantung.

Kami mengamati bahwa 5-AVAB mengurangi cardiomyocytes (otot jantung) menggunakan asam lemak sebagai sumber energi dengan menghambat fungsi protein membran sel tertentu,” terang peneliti Olli Kärkkäinen.

Mengingat gandum memiliki kandungan yang sangat kompleks dan bermanfaat bagi kesehatan, gandum sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita jantung dan diabetes sebagai pengganti nasi.


Previous articleMenikah Lewat Proses Taaruf, Begini Kabar Pasangan Seleb yang Tak Pernah Tersorot Publik
Next articleBeda dari yang Lain, Pedangdut Kondang Ini Justru Hidup Sederhana Setelah Diperistri Polisi

Terpopuler: