Stabilkan Gula Darah Dengan 4 Jenis Makanan Ini, Dijamin Ampuh

via republika.com

Serumpi.com – Diet memiliki peran yang penting dalam mengelola penyakit diabetes. Ketika seseorang mampu memahami bagaimana makanan tertentu dapat memengaruhi kadar insulin serta kadar gula seseorang, membuat kita bisa memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Sementara itu beberapa bahan asupan yang harus dihindari untuk penderita diabetes adalah minuman manis dan bersoda, nasi putih, sereal ditambah gula, kentang goreng, hingga kopi dengan gula dan perasa.

Dilansir republika dari Medical News Today, berikut ini beberapa makanan yang  bisa membantu menghindari penyakit diabetes.

1. Sayuran non-tepung

via republika.com

Sayuran jenis ini adalah bahan pangan tambahan yang cocok untuk semua jenis diet, terutama bagi penderita diabetes. Tim The American Diabetes Asociation menganjurkan memakan makanan ini minimal 3-5 porsi setiap hari. Beberapa contoh sayuran dari jenis ini adalah wortel, tauge, jagung muda, mentimun, labu, kubis, sayuran hijau seperti bayam serta selada.

2. Makanan gandum utuh

via republika.com

Biji-bijian utuh lebih menyehatkan dibandingkan biji-bijian olahan. Perbedaannya bisa terlihat dari vitamin dan mineral yang dikandung. Roti, popcorn, nasi merah, sereal, oatmeal, dan sereal gandum, produk-produk tersebut bisa dijadikan bahan tambahan olahan makanan untuk mengontrol gula darah.

3. Lemak sehat

via republika.com

Lemah sehat termasuk dalam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda dan omega-3. Dengan memakan lemak sehat bisa membantu meringankan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung serta membersihkan gula darah. Beberapa contoh lemak tak jenuh terdapat pada alpukat, minyak zaitun, kacang dan biji-bijian, minyak canola.

4. Ikan berlemak

via republika.com

Ikan berlemak seperti salmon, memiliki banyak protein dan asam lemak omega-3. Protein tidak akan memperburuk gula darah.

5. Makanan berprotein tinggi

via republika.com

Protein adalah nutrisi yang sangat penting, kita bisa mendapatkan protein di dalam daging, ikan, dan beberapa sayuran. Protein tidak meningkatkan kadar gula darah tetapi bisa membantu seseorang kenyang lebih lama.

 


Previous articleSang Anak Baru Saja Lepas Masa Janda, 7 Potret Mesra Orangtua Artis Ini Curi Perhatian Netizen
Next articleAstaga! Ingin Lebih Menarik, Implan Artis Cantik ini Justru Meledak dalam Pesawat

Terpopuler: