Tumbuh Liar dan Dipandang Sebelah Mata, 5 Daun Ini Jadi Rahasia Kelezatan Masakan Indonesia Lho!

via resepkoki.com

Serumpi.com – Sejak zaman dahulu kala, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil alamnya. Tak hanya tambang emas dan mineral saja yang sukses menarik para penjajah dari belahan dunia, rempah-rempah yang beraneka ragam ternyata juga sukses membuat Indonesia dijadikan oleh bangsa-bangsa Eropa sebagi jajahannya.

Selain dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil alamnya, pasalnya Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki cita rasa masakan terlezat di dunia. Usut punya usut, ternyata rahasia bumbu masakan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia juga berasal dari alam lho!

Melansir dari brilio.net, sudah menjadi rahasia umum, kunci dari kelezatan kuliner Indonesia berasal dari bumbu-bumbu rempah yang digunakan dalam setiap masakan. Selain bumbu rempah, ternyata ada bahan-bahan lainnya yang membuat masakan Indonesia lebih terasa nikmat. Bahan tersebut tidak lain adalah daun-daun yang biasanya kerap ditemukan pada beberapa masakan Indonesia.

1. Daun Kemangi

via resepkoki.com

Daun yang tumbuh liar di kebun dan semak-semak ini merupakan pelengkap lalapan khas pada beberapa daerah di Indonesia. Bau harum pada daun kemangi dipercaya dapat meningkatkan kelezatan dalam berbagai olahan makanan.

2. Daun Jeruk 

via youtube.com

Jenis daun yang satu ini memiliki rasa dan aroma wangi khas yang begitu menyegarkan. Daun jeruk purut banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Mulai dari soto ayam, rempeyek hingga sambal matah.

3. Daun Pandan

via youtube.com

Daun pandan memang dikenal memiliki aroma wangi yang luar biasa. Selain itu, daun pandan juga dianggap sebagai penyedap alami pada beberapa masakan bercita rasa manis seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, kolak dan masih banyak lagi.

4. Daun Salam

via resepsehat.com

Tumbuh sebagai tanaman liar, daun salam dapat dikatakan sebagai jenis daun yang paling sering digunakan sebagai bumbu penyedap di berbagai kuliner Indonesia. Mulai dari pepes, sayur asem, aneka tumisan, opor, balado dan lainnya.

5. Daun Pisang

via yukepo.com

Bukan hanya sekedar berfungsi sebagai pembungkus, daun pisang memiliki aroma khas yang dapat membuat kuliner dengan bungkus daun pisang menjadi lebih terasa lezat.


Previous articleMaut Bisa Menjemput Kapan Saja, 6 Seleb Ini Meninggal Tepat di Hari Ulang Tahun
Next articleBerhijab Tak Lama Sebelum Menikah, Begini 10 Potret Pernikahan Melody Eks JKT48

Terpopuler: