Jangan Cuma Ngeluh Karena Sakit Pinggang, Dengan Dua Cara Ini Dijamin Rasa Sakitnya Bisa Sirna

via tribunnews.com

Serumpi.com – Sakit pinggang memang menjadi masalah kesehatan yang umum dialami. Hal ini seiring dengan ketidakseimbangan antara gaya hidup dan aktivitas fisik seseorang. Berbagai cara pun biasanya dilakukan oleh orang untuk dapat meringankan nyeri di pinggang, salah satunya adalah minum beberapa jenis obat, seperti obat yang mengandung paracetamol hingga asam mefenamat. Namun, cara yang paling ampuh untuk meringankan nyeri pinggang adalah melakukan aktivitas olahraga.

“Tujuan olahraga itu kan untuk memperkuat otot punggung dan kedua untuk relaksasi otot punggung. Memang kelemahannya di minggu pertama, nyeri akan bertambah karena belum terlatih, belum kuat. Tetapi setelah bulan kedua sudah enak,” kata spesialis Bedah Saraf, Brain & Spine Bunda Neuro Center, Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS (K), SpKP di RS Bunda Menteng Jakarta saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Melansir dari viva.co.id aktivitas yang bisa dipilih adalah berenang serta jalan cepat. Pertama adalah jalan cepat apabila dihitung dengan kecepatan treadmill kecepatannya mencapai 5 hingga 6 kilometer/jam. Tetapi penting untuk mengatur tempo, yakni dari pelan ke cepat.

via hallosehat.com

Untuk durasi waktunya sendiri, jalan cepat dilakukan total selama 150 menit atau tiga kali dalam seminggu. Sementara olahraga renang, akan melatih otot menjadi ringan. Hal ini karena ketika berenang beban tulang terhadap bobot tubuh akan menjadi ringan karena sebagian besar ditopang di dalam air.

“Untuk renang sendiri baiknya setengah jam. Kalau sampai satu jam akan menimbulkan kelelahan dan memancing nyeri baru,” ujarnya.

Sama seperti jalan cepat, renang juga ada aturannya, yaitu menggunakan gaya bebas atau gaya katak, serta melakukan proses pemanasan hingga pendinginan sebelum dan sesudah berenang.

“Kalau enggak, nanti pas renang akan kaku dan malah nyeri lagi karena ototnya.”


Previous articleTerlanjur Sakit Hati, Dewi Perssik EngganTerima Permintaan Maaf Sang Keponakan?
Next articleTak Hanya Turunkan Tekanan Darah, Berikut 8 Manfaat Lain Buah Belimbing yang Jarang Diketahui Orang

Terpopuler: