Kerap Menahan Kencing dan Suka Makanan Manis, Inilah 5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Merusak Ginjal

via cnnindonesia

Serumpi.com – Semua organ tubuh memiliki peran yang penting untuk menyongkong kelangsungan hidutermasuk ginjal. Apabila ginjal rusak, darah akan tersusupi racun limbah bahkan organ tubuh tak akan berfungsi normal. Sepasang organ ini berperan penting sebagai penyaring darah, membuang racun tubuh, mengendalikan keseimbangan air, mengatur tekanan darah, menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit, serta menghasilkan bentuk aktif vitamin D.

Ginjal akan berperan baik apabila diimbangi dengan kebiasaan baik dan asupan nutrisi yang seimbang. Dilansir dari cnnindonesia, namun ada beberapa kebiasaan kita yang tak disadari bisa merusak ginjal, diantaranya:

1. Banyak konsumsi garam

via cnnindonesia

Bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, natrium bisa menjadi musuh karena bisa memicu penyakit kronis ini. Namun, konsumsi garam berlebihan juga menimbulkan resiko merusak ginjal.

Garam memiliki fungsi menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh dengan membei isyarat pada ginjal kapan harus menahan dan membuang air. Jika konsumsi garam berlebihan, proses ini bisa terganggu. Ginjal akan mengurangi pengeluaran air ke dalam urine sehingga adanya peningkatan volume darah karena retensi air.

2. Kurang minum

via cnnindonesia

Ginjal berfungsi untuk menyaring racun-racun didalam darah. Agar maksimal, ginjal memerlukan asupan cairan yang cukup. Kurang minum bisa menurunkan performa ginjal sekaligus bisa merusak organ ini.

3. Konsumsi alkohol

via cnnindonesia

Minum satu atau dua gelas alkohol masih bisa ditoleransi. Namun,apabila berlebih, seseorang harus siap terken risiko kerusakan ginjal. Ginjal berfungsi menyaring racun atau zat berbahaya pada darah, termasuk alkohol. Terlalu banyak konsumsi alkohol menyebabkan perubahan fungsi ginjal dan menurunkan performa ginjal dalam menyaring racun.

4. Menahan kencing

via cnnindonesia

Meskipun dianggap sepele, tapi kebiasaan menahan kencing bisa berdampak negatif untuk ginjal. Jika terus dilakukan, maka akan timbul rasa sakit pada ginjal atau kandung kemih hingga infeksi saluran kencing.

5. Banyak asupan gula

via cnnindonesia

Tak hanya diabetes, gula juga berperan untuk kasus gangguan ginjal. Gula berkontribusi pada tekanan darah tinggi, yang menjadi salah satu pemicu penyakit ginjal.

 


Previous article5 Seleb Ini Ngaku Malas Mandi dan Dandan Ketika Hamil, Tapi Tetep Cantik Kok
Next articleSatu Bulan Bebas Penjara dan Tak Lagi Disorot, Penampilan Baru Jennifer Dunn Bikin Kaget

Terpopuler: