Pelawak Wanita Ini Mendapatkan Kehormatan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Faktanya Bikin Haru

via kapanlagi.com

Serumpi.comGenerasi sekarang mungkin tidak mengenal pelawak Ratmi B-29. Namun ia adalah satu-satunya artis yang mendapatkan kehormatan dimakamkan di Taman Makam. Ratmi B-29 meninggal dunia di Ujungpandang (sekarang Makassar), Sulawesi Selatan, pada 31 Desember 1977. Ratmi B-29 adalah pelawak, pemain film dan penyanyi keroncong yang terkenal di masanya. Orang hanya mengenalnya sebagai artis saja namun ia memiliki andil dalam memperebutkan Kemerdekaan Indonesia, Ratmi-B29 adalah seorang pejuang.

Mencari riwayat hidup pemilik nama asli Suratmi tersebut tidak mudah. Di TMP Kalibata bahkan tidak ada berkasnya. Info mengenai riwayat hidupnya lebih banyak didapatkan dari koran-koran lawas. Ratmi B-29 meninggal akibat serangan jantung. Menurut seorang rekan, saat itu Ratmi-B29 akan naik pesawat menuju Surabaya untuk merayakan Tahun Baru di sana.

via tribunnews.com

Melansir dari grid.id, namun ia tiba-tiba jatuh pingsan kurang lebih setengah meter dari tangga pesawat. Ia pun jatuh dalam pelukan suaminya. Mobil yang datang untuk mengangkut Ratmi ternyata terlalu kecil, mereka pun perlu waktu untuk mengganti dengan mobil yang lebih besar. Ratmi B-29 akhirnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Sebuah mobil jenazah diselubungi kain bendera merah putih berhenti di halaman Kalibata. Ada barisan seragam bergenderang serta tembakan salto mengiringi penguburan jenazah Ratmi B-29. Upacara pemakaman tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas berkat jasa Ratmi B-29 membela negara Negara. Ratmi B-29 bahkan dianugerahi bintang gerilya. Bintang kemerdekaan I dan II dan bintang gerakan operasi Militer I dan V.

via tribunnews.com

Ia pernah menjadi sersan dua pada Laskar Wanita (Laswi) pimpinan Ny. Arudji Kartawinata sebagai anggota Batalyon D Brigade 16 “Citarum” Jawa Barat. Ratmi B-29 masuk pasukan Srikandi, ia berjuang di daerah Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga : Meski Tak Tinggal Serumah, Inilah 10 Momen Kedekatan Azka Nikola Corbuzier Bersama Sang Mama

Perempuan kelahiran Bandung 16 Januari 1932 ini awalnya dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu keroncong yang dirintisnya pada 1943. Pada 1947, Ratmi B-29 masuk dalam perkumpulan wayang orang. Ratmi B-29 merambah ke dunia film tahun 1961 sebagai figuran.

via tribunnews.com

Tak hanya itu, Ratmi B-29 masuk dunia lawak, bergabung dengan grup “Tiga Djenaka” hingga 1976. Ratmi B-29  akhirnya membentuk grup lawak sendiri bertajuk Ratmi Cs. Dari situlah pamornya sebagai seorang pelawak melejit.

Ratmi menikah tiga kali. Suami pertama bernama Idris, meninggal dunia. Suami kedua Surnarno, mereka bercerai yang terakhir adalah Didi Sugandhi. Dalam pelukan Didi, Ratmi B-29 menghembuskan nafas terakhirnya.