Kata Siapa Tidur Siang Bikin Gemuk? Justru 3 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Rutin Tidur Siang

via halosehat.com

Serumpi.com – Masyarakat banyak yang beranggapan salah mengenai tidur siang. Mereka percaya bahwa tidur siang bisa membuat badan menjadi gemuk. Kenyataannya banyak sekali manfaat tidur siang yang bisa bisa dirasakan. Bahkan, manfaat baik tidur siang lebih banyak dibanding efek negative.

Menurut sebuah penelitian, dengan tidur siang kita bisa lebih relaks, suasana hati (mood) menjadi lebih positif, mengurangi kelelahan, bisa meningkatkan kewaspadaan, bahkan bisa meningkatkan kinerja tubuh. Dilansir dari alodokter.com, inilah fakta lain tentang tidur sian yang jarang diketahui banyak orang.

1. Mengatasi kurang tidur

via hellosehat.com

Tidur siang bisa menjadi salah satu solusi untuk mengobati kurang tidur. Tidur siang selama 15-20 menit sudah cukup membuat tubuh menjadi segar kembali, membantu meningkatkan kewaspadaan, merasa kembali berenergi bahkan kinerja motorik tubuh menjadi lebih baik.

2. Meningkatkan fungsi memori

Tidur siang selama 5 menit dapat meningkatkan fungsi memori. Hal ini didukung dengan adanya penelitian lain yang menyebutkan bahwa tidur siang kurang dari 30 menit bisa meningkatkan kewaspadaan tubuh, kinerja, serta kemampuan belajar. T idur siang selama 30-60 menit dapat membantu meningkatkan memori serta kreativitas, membantu menghafal kosakata atau mengingat arah.

Apalbila tidur siang selama 60-90 menit dinilai berperan dalam membuat koneksi baru di dalam otak dan memecahkan masalah kreatif.

3. Menurunkan tekanan darah

via kapanlagi.com

Tidur siang juga dapat menurunkan tekanan darah. Tapi yang terpenting adalah tidur siang harus sesuai kebutuhan serta jangan tidur terlalu lama.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, mulailah tidur siang dari pukul 13.00-15.00 dan sudah bangun dari tidur siang antara pukul 16:00 atau 17:00. Bangun tidur siang lebih dari pukul 17.00 bisa membuat kita sulit tertidur di malam hari.

 


Previous articleSudah Dekat Sejak Bayi, Potret Kedekatan Gempita Nora Marten dan Rafathar Malik Ahmad Ini So Sweet Banget
Next articleDianggap Sudah Benar, Ternyata Merawat Gigi Itu Tak Sekedar Menyikatnya Dengan Pasta Gigi Saja Lho!

Terpopuler: