4 Pohon ini Kaya Manfaat dan Bernilai Ekonomi Tinggi, Sayang Sekarang Sudah Hampir Punah

via youtube.com

Serumpi.com – Menjadi satu-satunya mahluk hidup yang dapat menghasilkan oksigen membuat keberadaan pohon di bumi sudah pasti sangatlah penting. Bayangkan, jika bumi tidak ada satupun poho yang hidup, maka dari mana manusia dan binatang akan mendapatkan oksigen sebagai asupan pernapasan mereka.

Tak hanya berperan sebagai penghasil oksigen, pohon juga memiliki nilai ekonomis yang dapat menunjang kebutuhan hidup manusia. Mulai dari batang, daun, hingga buah yang dihasilkan, pohon disebut sebagai mahluk hidup dengan sejuta manfaat.

Sayangnya, akibat kebakaran hutan yang kerap terjadi, beberapa jenis pohon terpaksa ikut mati dan berakhir punah. Kondisi tersebut menjadi masalah yang perlu diperhatikan mengingat pentingnya keberadaan pohon bagi kehidupan mahluk hidup.

Melansir dari brilio.net, belakangan ini keberlangsungan hidup pepohonan sedang terancam karena perubahan iklim. Perubahan suhu dan tidak terduganya cuaca membuat banyak habitat pohon tak bisa dijadikan tempat tumbuh lagi. Berikut beberapa jenis pohon yang terancam punah padahal memiliki segudang manfaat dan nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Baca Juga: Lama Tak Muncul di Layar Kaca, Begini Kondisi Terbaru Mantan Penyanyi Religi Legendaris ini

1. Pohon Kakao

via youtube.com

Sebagai penghasil cokelat, pohon kakao dikenal memiliki manfaat yang cukup banyak. Selain buahnya yang berharga mahal, batang kakao yang memiliki serat cukup padat juga membuatnya bernilai ekonomis tinggi.

Sayangnya, perubahan iklim membuat budidaya pohon kakao semakin susah. Petani sekarang harus mencari daerah yang tidak terlalu panas untuk menanam pohon kakao. Pohon ini hanya bisa hidup di daerah bersuhu 31°C – 32°C saja.

2. Pohon Kopi

via youtube.com

Pohon kopi mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi. Biji kopi segar yang dihasilkannya selalu jadi buruan penikmat kopi di seluruh dunia. Kopinya juga bisa digunakan untuk kecantikan dan kepentingan medis.

Beralihnya lahan perkebunan menjadi perubahan serta menurunnya jumlah petani kopi di Indonesia membuat tanaman ini terancam punah.

3. Pohon Trembesi

via tribuntravel.com

Memiliki daun yang lebat dan ranting yang rimbun membuat pohon ini mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah yang cukup banyak. Selain sebagai pohon penghasil oksigen terbaik, trembesi juga memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dari kayunya. Sayangnya, pohon yang memiliki sejuta manfaat tersebut makin hari makin berkurang jumlahnya.

4. Pohon Bakau

via pixbay.com

Biasa ditanam di pesisir pantai, pohon bakau dikenal memiliki akar yang mampu menahan terpaan gelombang pantai sehingga terhindar dari abrasi. Meski memiliki manfaat yang sangat baik, nyatanya makin hari jumlah pohon bakau makin terus berkurang.


Previous articleHidup Penuh Kemewahan, Begini Kabar Istri Ir. Soekarno, Ratna Sari Dewi Sekarang
Next articleSiap Menyusul Baim Wong, 10 Foto Prewed Randy Pangalila dan Kekasih Bulenya Ini Bikin Netizen Adem Panas

Terpopuler: