Informasi Penting! Jangan Konsumsi 3 Obat Hipertensi Ini Lagi, Peredarannya Sudah Ditarik Oleh Badan POM RI

via kapanlagi.com

Serumpi.com – Badan POM RI menarik obat antihipertensi yang mengandung zat aktif valsartan. Terdapat tiga obat yang ditarik dari peredaran yaitu Irbesartan, Losartan, dan Valsartan. Penarikan obat antihipertensi golongan angiotensin receptor blocker (ARB) yaitu Irbesartan, Losartan dan Valsartan sudah dilakukan di Eropa serta Amerika Serikat. Badan POM RI ikut melakukan penarikan obat tersebut karenan ketiganya merupakan obat keras (dikonsumsi harus dengan resep dokter).

Irbesartan, Losartan dan Valsartan berfungsi mengobati pasien dengan tekanan darah tinggi. Baik digunakan dalam bentuk tunggal atau kombinasi dengan antihipertensi lain. Namun, penarikan obat  yang dikonsumsi dalam bentuk tunggal dan kombinasi tersebut, karena ditemukan adanya pengotor atau impurities Nitrosodimethylamine (NDMA) dan N-Nitrosodiethylamine (NDEA).

via wartasolo.com

Melansir dari viva.co.id, saat ini b EMA (European Medicines Agency), US FDA (Food and Drug Administration), MHRA (Medicines and Healthcare products Regulatory Agency) maupun BPOM RI terus menerus mengkaji lebih lanjut terhadap bahan baku tersebut. Berdasarkan penelusuran BPOM RI, obat antihipertensi golongan ARB yang beredar luas di Indonesia yang terdampak impurities NDMA dan NDEA adalah Losartan dan Valsartan dengan bahan baku produksi Zhejiang Huahai Pharmaceuticals, Linhai, China.

via okezone.com

Sedangkan Irbesartan yang ditarik oleh US FDA, bahan baku utamanya tidak digunakan untuk produk obat yang terdaftar di Indonesia. Untuk pasien yang telah mengonsumsi obat antihipertensi dengan bahan baku terdampak impurities NDMA dan NDEA tersebut di atas, bisa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker di fasilitas pelayanan kesehatan atau bisa ke bidang kefarmasian.

Dengan demikian, BPOM RI meminta industri farmasi terkait k melakukan penghentian produksi dan distribusi obat yang mengandung bahan baku terdampak impurities NDMA dan NDEA. Industri farmasi juga menyatakan bersedia menarik seluruh obat yang mengandung bahan baku Losartan tersebut dengan sukarela atau voluntary recall

 


Previous articleDari Pengusaha Tajir hingga Artis Tenar, Inilah Deretan 5 Pria Mantan Kekasih Luna Maya
Next article5 Transformasi Wajah Artis yang Paling Beda, Perubahannya Bikin Kaget!

Terpopuler: