Tangan dan Kaki Tiba-tiba Terasa Dingin, Mungkin Karena Sindrom Ini Penyebabnya

via hellosehat.com

Serumpi.com – Mungkin ada pernah merasa tangan dan kaki tiba-tiba menjadi dingin padahal suhu udara tidak rendah mungkin pernah. Pernahkah anda mempertanyakan, hal itu apakah wajar?

“Tangan dan kaki dingin adalah keluhan umum. Tapi umumnya, ketika ini terjadi pada orang muda yang sehat, itu tidak perlu dikhawatirkan,” kata Natalie Evans, spesialis vaskular dari Klinik Cleveland, seperti dilansir Medical Daily, beberapa waktu lalu.

Melansir dari tempo.co, namun jika tangan atau kaki berubah dingin meskipun dalam suhu normal, mungkin anda mengalami sindrom Raynaud. Walau tidak berbahaya, ada gejala yang biasa di temui seperti perubahan warna kulit menjadi putih, biru, atau merah.

via glitzmedia.co

Sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter jika mengalami gejala tersebut. Dokter melakukan beberapa bentuk perawatan, jika mengalami gejala seperti kulit mengeras atau luka (di ujung jari tangan atau kaki) yang tidak mudah sembuh.

“Hal lain yang bisa terjadi adalah kejang. Anda memiliki pembuluh darah kecil di ujung jari dan jika mulai kejang, itu membuat darah sulit mencapai ekstremitas,” ujarMelisa Lai Becker, kepala bagian pengobatan darurat di Cambridge Health Alliance.

Dalam kasus lain, tangan atau kaki dingin menjadi gejala kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme. Jika mencurigai adanya masalah dengan fungsi tiroid” dokter akan mendiagnosisnya dengan tes darah.

via tribunnews.com

Dalam kasus yang dialami oleh lansia, kaki dingin mungkin suatu tanda penyakit arteri perifer (PAD), suatu kondisi yang menyebabkan penyumbatan atau penyempitan arteri. Anda mungkin mengalami gejala lain seperti kram dan perubahan abnormal pada kuku Anda.

Secara umum, tidak perlu khawatir jika bagian tubuh merasa dingin. Beberapa individu mungkin hanya rentan terhadap kondisi tanpa penyebab yang mendasarinya. Yang jelas tidak perlu terlalu takut. Analisis dahulu dingin dan kaki yang anda rasakan, jika terus-terus terjadi maka segeralah konsultasi ke dokter.


Previous articleBusyet! Baju Pernikahan Priyanka Copra Ini Dikerjakan 80 Penjahit Selama 12.000 Jam
Next articleDapat Kejadian Miris, Deretan Artis Ini Pernah Jadi Korban Pelemparan Botol Saat Manggung

Terpopuler: