Nggak Cuma jadi Santapan Favorit Popeye, Bayem Ternyata Punya Segudang Manfaat!

via kompas.com

Serumpi.com – Sapa yang tak kenal dengan Popeye, salah satu tokoh kartu yang begitu lekat di berbagai kalangan. Bukan hanya kelucuan dan tingkah konyolnya namun kegemaran popeye menyantap bayam dalam jumlah yang sangat banyak.

Menariknya, ternyata bayam bukan hanya terkenal lantaran menjadi santapan favorit popeye. Menurut berbagai penelitian, bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Seperti yang dilansir dari brilio.net, Bayam (Spinacia alorace) adalah salah satu sayuran hijau yang paling populer di dunia karena kaya sumber mineral, vitamin, pigmen, dan fitonutrien. Bayam termasuk dalam anggota keluarga Amaranthaceae dikarenakan banyaknya manfaat dari sayuran ini.

Baca Juga: Tak Cuma Bikin Sakit Perut, Ternyata Makanan Pedas Juga Ada Manfaatnya Buat Tubuh Lho!

Bayam dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan lantaran adanya mineral, vitamin, pigmen, dan fitonutrien, termasuk juga kalium, seng, magnesium, zat besi, dan kalsium. Menurut USDA National Nutrient Database, sayuran berdaun hijau ini adalah sumber vitamin seperti volat, niacin,vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, dan mengandung sisa vitamin yang penting.

via health.com

Tak hanya itu, bayam terdiri dari berbagai konstituen yang penting yang telah ditemukan menjanjikan dalam perawatan dan pencegahan berbagai jenis kanker. Konstituen yang berbeda dalam bayam seperti folat, tocopherol (Vitamin E adalah nama umum untuk dua kelas molekul –tocopherol dan tocotrienol- yang memiliki aktivitas vitamin E dalam nutrisi.

Vitamin E bukan nama untuk setiap satuan bahan kimia spesifik, namun untuk setiap campuran yang terjadi di alam yang menyediakan fungsi vitamin E dalam nutrisi) dan klorofilin bertindak melalui mekanisme yang berbeda untuk mengobati dan melindungi pasien yang menderita kanker. Hal ini karena vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang terdapat dalam kandungan bayam bermanfaat untuk memerangi sel kanker.

Nah, buat para penderita kanker, bayam dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan sebagai menu sayuran sehari-hari. Selain mudah ditemukan, bayam juga dapat dibeli dengan harga yang relatif murah lho!