Ngantuk Bisa Menular, Mitos atau Fakta? Cek Penjelasannya!

via health.com

Serumpi.com – Mengantuk kerap disebut kebiasaan yang bisa menular ke orang-orang sekitar. Anehnya, anggapan tersebut diyakini hampir sebagian besar orang. Banyak yang menganggap kalau mengantuk membuat suasana di sekitar juga ikut terpengaruh.

Padahal, mengantuk sendiri merupakan kondisi di mana mulut mulai berkali-kali menguap dan perasaan ingin tidur mulai menghampiri. Logikanya, mengantuk hanya dialami oleh orang yang ingin tidur saja.

Melansir dari health.com, secara umum, mengantuk atau menguap dapat terjadi lantaran merasa bosan atau kelelahan, sehingga seseorang tidak bisa bernapas dengan normal. Nah, menguap akan menyerap oksigen sebanyak mungkin yang dibutuhkan tubuh, sehingga bisa digantikan dengan karbon dioksida yang sudah terlalu banyak dalam darah kita.

Baca Juga: Ketahuan Nongkrong di Warteg, Artis Cantik ini Bikin Netizen Tak Percaya

Penelitian pada tahun 2010 oleh University of Connecticut mengatakan jika menguap sama seperti saat ikut tersenyum saat seseorang tersenyum ke kita. Artinya, ini menunjukkan kalau menguap itu tanda kita berempati dengan orang tersebut.

Penelitian lebih lanjut menemukan kalau tertular menguap hanya akan mulai terjadi pada anak yang berusia 4 tahun. Namun kalau anak tersebut punya masalah autis, dia akan makin susah merasa empati dan lebih sulit bisa tertular menguap.

via health.com

Ada pula studi yang mengungkapkan kalau fenomena menguap menular itu sebenarnya adalah bentuk primitif komunikasi alam bawah sadar. Di zaman dulu, ini membantu manusia untuk tetap aman, sebelum adanya sinyal asap ataupun handphone seperti sekarang.

Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan kalau menguap dan tertular adalah tanda kalau orang lain memberikan sinyal kalau bakalan ada kemungkinan ancaman. Dalam penelitian tersebut, ancaman yang dirasakan burung beo adalah suhu ruangan yang berubah drastis.

Intinya, setiap orang memiliki kepakaan yang berbeda untuk menguap. Anggapan bahwa menguap merupakan hal yang dapat menular sebenarnya hanya terjadi pada orang-orang tertentu.


Previous articleKetahuan Nongkrong di Warteg, Artis Cantik ini Bikin Netizen Tak Percaya
Next articleYuk Intip Hunian Artis Tanah Air di Australia, Ada Rumah Siapa Saja Ya?

Terpopuler: