Suka Makan Ikan Asin Tapi Susah Hilangkan Rasa Asinnya? Intip Trik Berikut ini!

via youtube.com

Serumpi.com – Siapa sih yang nggak kenal dengan ikan asin? Sebagai negara bahari, Indonesia memang dikenal memiliki kekayaan laut yang cukup melimpah. Salah satu kekayaan laut yang masih menjadi primadona dan juga sebagai sumber pendapatan masyarakat adalah ikan laut.

Tak hanya dijual dalam keadaan segar, melimpahnya ikan laut di musim-musim tertentu membuat masyarakat di pesisir memilih untuk mengeringkan ikan laut tersebut. Biasanya, ikan laut kering cenderung memiliki kadar garam yang cukup tinggi sehingga berasa asin.

Nah, bagi penggemar ikan asin, menghilangkan rasa asin pada ikan kering kerap menjadi masalah tersendiri. Meski beberapa cara sudah mulai dilakukan, nyatanya cara tersebut tak selamanya sehat.

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Salah Baca Kode Wadah Plastik Ternyata Bisa Picu Terjadinya Kanker!

Melansir dari health.com, selama ini mungkin masyarakat percaya bahwa merendam ikan asin dengan menggunakan koran menjadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi rasa asin. Bahkan lantaran kepercayaan tersebut, para penjual ikan asin seakan wajib membungkus dagangannya dengan koran bekas.

Namun siapa sangka kalau merendam ikan asin dengan koran bekas bukanlah hal yang dibenarkan. Sempat muncul pendapat kalau koran bekas yang direndam dengan ikan asin berfungsi untuk menyerap rasa asin pada ikan. Padahal pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar.

via vemale.com

Alih-alih merendam ikan asin dengan koran, ternyata menggunakan kertas buram atau kertas merang lebih tepat untuk menghilangkan rasa asin pada ikan asin. Caranya, bungkus ikan asin dalam kertas buram atau kertas merang yang banyak digunakan untuk menyerap minyak.

Kemudian rendam dalam keadaan terbungkus di dalam air selama minimal 30 menit. Setelah itu cuci lagi ikan asin sampai bersih, selanjutnya ikan bisa direbus sebentar dengan air mendidih.

Berbeda dengan koran bekas yang ada tulisannya dan tinta akan luntur ketika direndam, kertas buram masih dalam keadaan bersih sehingga tidak ada tinta yang menempel pada rendaman ikan asin.


Previous articleCantik dan Jadi Model Berbayaran Mahal, Rupanya Begini Potret Lawas Paula Verhoeven
Next articleBerpawakan Kekar, Sederet Seleb Pria ini Rupanya Pernah Menangis Karena Wanita

Terpopuler: