Tak Selalu 25 Desember, Natal Juga Dirayakan Pada 7 Januari, Begini Sejarahnya

via tribunnews.com

Serumpi.com – Natal telah tiba. Tepat di hari ini, 25 Desember 2018 umat Kristen menyambut hari rayanya. Seperti agama lain, penganut agama Kristen juga punya upacara dan tata cara tersendiri. Namun, tahukah Anda jika ada sebagian umat Kristen yang justru merayakan Natal pada bulan Januari?

Sebagian masyarakat Rusia merayakan Natal pada 7 Januari. Jika belum mengetahui sejarahnya mungkin terkesan aneh. Namun, mereka punya alasan tersendiri mengapa memperingati Natal pada bulan Januari.

Para penganut Kristen Ortodoks di Rusia menggunakan kalender Julian yang berlaku sejak 45 SM pada era Julius Caesar. Penanggalan inilah yang membuat perhitungan jatuhnya natal sedikit berbeda dengan penggalan gregorian seperti yang dipakai saat ini.

Baca Juga : Tak Hanya Turunkan Tekanan Darah, Berikut 8 Manfaat Lain Buah Belimbing yang Jarang Diketahui Orang

Pada awal abad ke 19 penanggalan Julian sebenarnya pernah mengalami revisi. Namun, perubahan ini tak serta merta diterima oleh semua orang. Perubahan untuk menyerentakan natal jatuh di tanggal 25 Desember ini hanya diterima oleh beberapa negara seperti Yunani dan Rumania. Sedangan Rusia masih menggunakan penanggalan Julian.

Selisih dalam penanggalan Julian dan Gregorian ini membuat sebagian pemeluk Kristen Ortodoks merayakan hari rayanya pada 7 Januari. Pasalnya, 39 persen dari jumlah pemeluk Kristen Ortodoks berada di Rusia yang hampir separuhnya masih menggunakan penanggalan Julian.

Sebelum merayakan Natal, umat Kristen Ortodoks di Rusia biasa melakukan perayaan Sochelnik. Perayaan ini mulanya mengharuskan penyajian 12 macam menu masakan tradisional non hewani yang berasal dari hasil pertanian dan perkebunan. Namun, kini tak harus semua menu masakan disajikan kecuali Kutia dan Uzvar.

via idntimes.com

Meski sebagian umat Kristen di Rusia merayakan natal di tanggal 7 Januari, masih ada pula yang merayakannya pada 25 Desember.  Mereka yang memiliki keyakinan berbeda soal hari raya tetap hidup berdampingan dan saing menghargai.


Previous articleSebelum Jadi Korban Tsunami, Begini Kemesraan Ifan Seventeen Bersama Sang Istri
Next articleKenangan Romantis, 14 Foto Jadul Ini Ungkap Masa Muda Prabowo-Titiek dan Joko Widodo-Iriana

Terpopuler: