Nggak Melulu Tanggal 1 Januari, Ternyata Sederet Negara ini Punya Waktu Berbeda dalam Menyambut Tahun Baru

via kabarharian.com
Serumpi.com – Selama ini mungkin tanggal 1 Januari dikenal sebagai awal Tahun Masehi yang kerap disambut dengan berbagai bentuk perayaan. Bahkan di beberapa negara, momen tahun baru selalu disambut dengan bentuk perayaan yang cukup istimewa.
Menariknya, jika selama ini hampir semua orang di belahan dunia mengenal tahun baru masehi jatuh di tanggal 1 Januari, nyatanya masyarakat di beberapa negera justru tidak merayakan tahun baru masehi tepat pada tanggal 1 Januari.
Melansir dari brilio.net, Beberapa tempat mempunyai kekhasan sendiri dalam merayakan tahun baru. Tak semua negara juga merayakan tahun baru hanya untuk menyambut tahun baru masehi. Beberapa negara bahkan memiliki tahun perayaan lebih dari satu kali lho!
Menariknya, dalam setiap perayaan tersebut ada keunikan dan ciri khas tersendiri yang selalu menjadi bagian penting setiap tahunnya. Mulai dari bentuk penyambutan hingga menu makanan yang disajikan, perayaan tahun baru yang tak hanya jatuh pada tanggal 1 Januari tersebut kerap menjadi destinasi bagi wisatawan yang berkunjung.
Penasaran dengan kenikan perayaan tersebut? Berikut negara yang memilih tanggal lain untuk merayakan momen tahun baru!

1. Masyarakat Yahudi menyambut tahun baru pada bulan Sepetember – Oktober dengan berbagai bentuk perayaan yang cukup unik.

via kabarkita.com

2. Bukan tanggal 1 Januari, penduduk Thailand menggelar festival air selama tiga hari khusus pada 13-15 April untuk menyambut perayaan Songkran atau tahun baru Budha.

via cnnnews.com

3. Selain merayakan tahun baru Masehi, Indonesia juga merayakan tahun baru Islam. Jadi, selama setahun ada dua kali perayaan tahun baru. 

via sukita.id

4. Gereja Ortodoks Rusia mengamati tahun baru dari kalender Julian, yang menempatkannya pada tanggal 14 Januari. Perayaan ini merupakan salah satu perayaan tradisional tahun baru di Rusia.

via youtube.com

5. Dalam setahun, India merayakan tahun baru Thappa, Cheti Chand, Chaiti and Basoa, Vaisakhi, Poila Boishakh, dan Jude-Sheetal.

via kabar.com