Tradisi Unik Perayaan Pergantian Tahun di 5 Negara, Salah Satunya Indonesia

via tempo.co

Serumpi.com – Malam pergantian tahun baru memang dinantikan oleh banyak orang. Tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Malam pergantian tahun bahkan kerap dijadikan ajang berkumpul dengan keluarga atau dengan orang-orang terkasih.

Setiap negara memiliki tradisi sendiri dalam rangka menyambut tahun baru. Kebiasaan ini sangat unik dan ternyata banyak yang belum tahu. Melansir dari tempo.co, inilah deretan tradisi perayaan tahun baru di berbagai Negara, termasuk Indonesia.

  1. Indonesia

    via tempo.co

Di Indonesia, masyarakat menghabiskan malam pergantian tahun dengan cara berkumpul sebelum tengah malam. Mendekati pergantian waktu dari tgl 31 Desember ke tanggal 1 Januari mereka menyalakan kembang api sambil meniup terompet keras-keras. Ada juga yang menyaksikan pagelaran musik yang dihadiri banyak artis.

2. Skotlandia

via tempo.co

Masyarakat Skotlandia menyebut istilah malam pergantian tahun dengan Night of the Candle. Mereka menyambut tahun baru dengan kegiatan membersihkan rumah lalu mempersiapkan diri menyambut para tamu yang akan datang. Mitosnya, setiap tamu pertama yang datang serta membawa hadiah untuk tuan rumah akan menentukan keberuntungan bagi seluruh keluarga di rumah tersebut.

  1. Spanyol

    via tempo.co

Setiap malam tahun baru, seluruh fasilitas umum di Spanyol ditutup. Masyarakat Spanyol merayakan tahun baru dengan memakan 12 butir aggur dengan cepat. Ini diyakini akan membawa keberuntungan serta kebahagiaan untuk tahun-tahun berikutnya.

4. Yunani

via tempo.co

Malam pergantian tahun di Yunani dirayakan dengan cara memotong roti tahun baru. Roti tersebut berisi koin atau jimat yang disebut dengan vasilopita. Pemotongan roti dilakukan oleh kepala keluarga lantas dibagikan kepada setiap anggota keluarga lain. Roti ini diyakini bakal membawa nasib baik untuk  keluarga.

5. Belgia

via tempo.co

Di Belgia, malam pergantian tahun dirayakan dengan pesta saat tengah malam hingga dini hari. Ada juga tradisi yang disebut dengan niuwjaarrsdag yaitu tradisi dimana anak-anak menulis surat yang ditujukan orang tua mereka serta dibacakan saat acara kumpul keluarga.


Previous articleBerbisnis Sedari Umur 17 Tahun, Inilah Potret Putri Tanjung dengan Sang Ayah Konglomerat
Next articlePernikahan Sempat Tertunda Akibat Kasus Pidana, Begini Potret Artis Ini Pasca Nikahi Pengusaha

Terpopuler: